oleh

5 Kisah Memperihatinkan yang Pernah Dialami Yon Koeswoyo

Yon Koeswoyo (YouTube)

MENINGGALNYA musisi legandaris, vokalis grup band Koes Plus, Yon Koeswoyo, Jumat 5 Januari 2918 membuat masyarakat Indonesia kehilangan seniman terbaik yang lagu-lagunya masih tetap eksis sampai saat ini. Pria yang memiliki nama lengkap Koesyono Koeswoyo itu, meninggal dalam usia 77 tahun, setelah sebelumnya ia juga pernah keluar masuk rumah sakit karena penyakit komplikasi yang ia derita.

Di balik nama besarnya lewat tembang-tembang yang ia lantunkan, ternyata Yon Koeswoyo juga memiliki berbagai kisah, yang tidak melulu membuat perjalanan hidupnya bahagia. Berikut, dari berbagai sumber lensapena.id mengutip beberapa kisah memprihatinkan yang dialami oleh Yon Koeswoyo semasa hidupnya:

1. Telat Menikah

Di antara saudara-saudaranya, Yon Koeswoyo termasuk yang paling telat menikah. Ia pun menuangkan perasaannya dalam sebuah lagu berjudul “Hidup Yang Sepi”. Bahkan ia juga sempat berlinang air mata saat menyanyikan lagu tersebut. Yon juga pernah jatuh cinta dengan pemain drum dari grup musik Dara Puspita, Susy Nander. Namun, hubungan mereka kandas karena Susy harus pergi ke luar negeri.

2. Terbentur Finansial dalam Mengembangkan Musiknya

Sebelum memperoleh kejayaan, Yon dan saudara-saudaranya kesulitan dalam hal finansial. Mereka sampai menyewa alat musik untuk melanjutkan karya-karyanya. Kakak Yon, Nomo Koeswoyo bahkan memilih untuk meninggalkan grup musik tersebut, karena harus menghidupi istri dan anak.

3. Yon Koeswoyo Pernah Masuk Penjara

Sebelum namanya grup band Koes Plus dikenal di masyarakat secara luas, sebelumnya adalah Koes Bersaudara. Namun karena berbagai alasan, akhirnya grup band Koes Bersaudara itu berubah nama menjadi Koes Plus.

Saat grup ini meraih kesuksesan di tahun 1960-an, Yon dan saudara-saudaranya justru dimasukkan ke penjara, karena memainkan lagu-lagu ngak-ngik-ngok ( kebarat-baratan) yang terlarang. Di masa Orde Lama (Orla) yang kala itu Indonesia di bawah pimpinan Presiden Soekarno, menilai jenis musik tersebut tidak mencerminkan kepribadian bangsa Indonesia.

Yon Koeswoyo besama grup band-nya yang terdiri dari saudara-saudaranya itu kemudian dibebaskan saat G30S/PKI pecah di tahun 1965.

4. Ditinggalkan Istri Saat Terpuruk

Setelah kematian Tonny Koeswoyo karena kanker usus pada tahun 1987, kejayaan Koes Plus meredup. Saat itu pula kehidupan Yon juga ikut terpuruk. Di masa-masa yang susah itu, istrinya, Damiana Susi, justru meminta bercerai. Dari pernikahan itu Yon dan Damiana dianugerahi dua orang anak, yakni Ulung Gariyas (Gerry) Koeswoyo dan Otmar Veda (David Koeswoyo).

5. Tak Memiliki Uang Saat Istri Keduanya Melahirkan

Setelah bercerai dari Damiana, Yon Koeswoyo kemudian menikah dengan Bonita Angelia di tahun 1993. Jarak usia Yon dan Angelia terpaut cukup jauh, yakni 52 tahun. Saat bertemu di tahun 1992 ketika Yon membangun rumah di Jalan Salak, Pondok Benda, Pamulang, Bonita masih berusia 18 tahun.

Meskipun demikian, Bonita menerima cinta Yon dan akhirnya menikah. Mereka kemudian dikaruniai dua orang anak, yakni Bela Aron Koeswoyo dan Kenas Koeswoyo. Saat istri keduanya melahirkan anak pertama dari pernikahan tersebut, Yon tak memiliki uang sepeser pun untuk membayar biaya persalinan. Hingga terpaksa ia harus meminjam uang dari seseorang untuk biaya persalinan, yaitu sekitar Rp1,5 juta.

Hatmoko Widi

Baca juga:

  1. Musisi Legendaris Yon Koeswoyo Tutup Usia
  2. Ditinggal Isteri Jadi TKW, Pria Ini Sodomi 25 Anak di Bawah Umur
  3. Terkait Tempat Hiburan di Kabupaten Tangerang, HMI Temui Bupati

Banner IDwebhost

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Update