oleh

Inilah Destinasi Wisata Kuliner Unik di Tangerang

Kawasan wisata kuliner Pasar Lama, Kota Tangerang.

MENGUTIP sedikit tentang Kota Tangerang, tidak lepas dari sejarah panjang Kesultanan Bantan. Karena, kota yang juga terkenal dengan sebutan “Kota Benteng” ini merupakan bagian dari wilayah Kesultanan Banten. Namun, sebelum Kota Tangerang terbentuk, ini adalah bagian dari Kabupaten Tangerang, dan secara administratif adalah Daerah Tingkat II di wilayah Provinsi Jawa Barat.

Kota Tangerang ditetapkan sebagai kotamadya pada tanggal 28 Februari 1993. Berdasarkan Keputusan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2000, yaitu tentang pemekaran wilayah Banten menjadi provinsi sendiri, lepas dari Jawa Barat, Kota Tangerang berubah status menjadi salah satu Daerah Tingkat II di Provinsi Banten.

Nah, bicara soal Kota Tangerang, selain saat ini terkenal dengan ratusan taman yang tersebar di setiap sudut kota, juga memiliki destinasi wisata kuliner yang unik, yaitu Kawasan Pasar Lama.

Di tempat ini menyuguhkan beragama kuliner khas dari peranakan China-Tangerang seperti asinan, otak-otak ikan, babi panggang dan sate babi. Tak hanya itu saja, berbagai kuliner yang ekstrim seperti sate kobra hingga sate biawak ada di Kawasan Pasar Lama Kota Tangerang.

Untuk pecinta kuliner yang ingin mencicipi aneka makanan khas Kota Tangerang seperti sayur besan, gecom dan laksa Tangerang juga terdapat di kawasan ini.

BACA: Yuk, Cicipi Gurihnya Tongseng dan Sate Kambing di Warung Sate Solo Pak Aris!

Sayur sendiri besan merupakan sayur khas dari Kota Tangerang yang memiliki nilai filosofis, karena sayur ini hanya disajikan untuk orang tua mempelai perempuan dari orang tua mempelai pria pada acara pernikahan atau ‘Ngabesan’. Sedangkan, gecom merupakan perpaduan toge atau kecambah dan oncom yang rasanya menggoyang lidah pada pencinta kuliner.

Sementara itu, laksa Tangerang merupakan menu makanan yang menjadi ikon Kota Tangerang. Laksa Kota Tangerang ini berbeda dengan laksa lain seperti laksa Betawi atau Laksa Singapura. Laksa Tangerang terbuat dari bihun yang berukuran tebal dengan campuran dari kentang, kacang hijau, potongan daging ayam, telur dan daun kucai serta kuah kental yang terbuat dari santan dan kaldu ayam.

Bagaimana, ingin merasakan sensasi kuliner unik di kawasan Pasar Lama Kota Tangerang? Anda bisa datang bersama dengan keluarga dan orang-orang tercinta. Berwisata kuliner di kawasan Pasar Lama Kota Tangerang, akan lebih asyik pada malam hari. Karena, pada saat itulah semua pedagang berbagai jenis kuliner menggelar barang dagangannya di sepanjang kaki lima, dan emperan toko. Namu tak sedikit pula yang menjajakan dagangannya secara permanen di ruko-ruko.

Hatmoko Wid

Baca juga:

  1. Tengkleng, Kluiner Khas Solo yang Sudah Menjelajah Nusantara
  2. Inilah Resep Ayam Taliwang Khas Sumbawa Barat NTB
  3. Diguyur Hujan, Penari Ganongan Ini Tetap Semangat Menghibur Pengunjung Mardi Gras Citra Raya

Banner IDwebhost

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar

News Update