oleh

Ndolalak Telah Membuat Gadis ABG Ini Kepincut

Indri Budi Riyani, penari Ndolalak. (Foto Facebook)

NDOLALAK adalah salah satu tarian tradisional yang lahir dari masyarakat Purworejo, Jawa Tengah. Tarian Ndolalak awalnya dimainkan oleh kaum pria. Namun seiring perjalanannya, tarian ini justru malah dimainkan oleh wanita-wanita cantik.

Menengok jauh ke belakang tentang Tari Ndolalak sendiri, tek lepas dari sejarah perjuangan masyarakat Purworejo di masa Kompeni Belanda. Tarian ini awalnya adalah ‘jogetan’ para prajurit kompeni saat ronda atau jaga malam di pos-pos gardu, untuk menghilangkan rasa kantuk.

Jogetan para prajurit kompeni ini, dulunya juga tidak menggunakan alat musik seperti saat ini, namun hanya seadanya. Dan, seiring perkambangan zaman, lambat laun kesenian ini dikemas sedemikian rupa hingga menjadi sebuah seni pertunjukan yang disuguhkan secara apik dengan mengedepankan nilai-nilai estetika seni yang bernilai tinggi.

Yang menjadi khas dari tarian ini, selain lenggak-lenggok para koreografer yang memukai, juga kostum yang dikenakan. Kostum Tarian Ndolalak didesain mirip dengan seragam kompeni, lengkap dengan topi dan atribut yang menarik.

Hal ini juga yang membuat sosok Indri Budi Riyani, pelajar SMK Yuppentek 2 Curug, Kabupaten Tangerang kepincut dengan tarian tradisional khas Purworejo tersebut. Saking gandrungnya dengan Tari Ndolalak, dan ingin menjadi seniwati penari Ndolalak, Indri demikian panggilan akrabnya, sempat menolak untuk bersekolah di Tangerang.

“Dulu sempat enggak mau sekolah di Tangerang, pengen sekolah di Jawa aja, pengen jadi Ndolalak,” ungkap Indri kepada lensapena.id.

Namun, setelah ia dibujuk oleh orang tuanya, dan mengatakan jika di Tangerang juga ada grup atau kelompok kesenian ini, Indri ikut orang tuanya di Tangerang, dan bersekolah di sini.

Saat ini, Indri ikut salah satu grup Tari Ndolalak New Tresno Budoyo di wilayah Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang. Berbagai pementasan pun selalu ia ikuti. “Sebelum di New Treno Budoyo, pertama kali ikut Ndolalak di grup lain,” katanya.

Alasan Indri tertarik dengan tari Ndolalak, selain ingin ikut melestarikan seni dan budaya tradisional, ia juga ingin banyak teman, dan bergaul secara positif.

Baca juga:

  1. Berhijab, Berita Cinta Penelope Duduki Urutan Pertama di ‘Trands Google’ Indonesia
  2. Viral, Peluk Mantan Pacar Pengantin Pria Ini Malah Pingsan di Tengah Pesta Perkawinan
  3. Yuk, Cicipi Gurihnya Tongseng dan Sate Kambing di Warung Sate Solo Pak Aris!

Banner IDwebhost

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Update