oleh

Reza, Penari Ganongan Cilik Bikin Terkagum-kagum Pengunjung Mardi Gras Citra Raya

Reza, penari Ganongan Cilik dari Tangerang.

RIBUAN pengunjung area Mardi Gras, Lingkar Tiga Citra Raya, Tangerang terkagum-kagum melihat aksi Reza, bocah 5 tahun yang membawakan tarian Ganongan, bagian dari atraksi seni Reog Ponorogo, Minggu 14 Januari 2018.

Bocah cilik yang saat ini duduk di salah satu Taman Kanak-kanak (TK) di wilayah Cipondoh Kota Tangerang ini, dengan lincah, melompat-lompat, koprol, dan salto seperti orang dewasa, dalam ajang pentas seni amal untuk korban bencana alam beberapa daerah di Jawa Tengah dan Jawa Timur..

Haryadi, salah seorang pimpinan grup seni Reog Ponorogo di Tangerang mengatakan, Reza merupakan penari Ganongan paling cilik, dan pernah ikut menjuarai Festival Seni Reog Ponorogo di Taman Mini Indonesia Indah.

Reza saat menunjukkan kebolehannya dalam pentas seni amal untuk korban banjir beberapa derah di Jawa Tengah dan Jawa Timur, di Mardi Gras Citra Raya, Tangerang.

“Ini penari ganongan paling cilik, usianya 5 tahun, masih TK. Beberapa waktu lalu juga ikut menjuarai Festival Seni Reog Ponorgo di Taman Mini Indonesia Indah, main bareng orang-orang dewasa, mewakili Tangerang,” ujar Haryadi.

Kepada lensapena.id, Reza mengaku, sejak masih usia empat tahunan ia sudah mulai berlatih tari Ganongan. Sejak itu pula ia berlatih koprol dan salto layaknya orang dewasa. Menurutnya, menjadi penari Ganongan cilik ini adalah hobi. Selain itu, Reza juga lahir dan tumbun dari keluarga seni Reog Ponorogo.

Agung Djatmiko, sesepuh seni Reog Ponorogo di Tangerang mengatakan, kesenian Reog Ponorgo di wilayahnya memang tumbun pesat. Pemainnya pun mulai dari anak-anak hingga dewasa. Ia juga mengaku banggak, karena di zaman ‘now’ ternyata masih banyak generasi yang mau ikut melestarikan kesenian yang lahir, tak lepas dari sejarah Kerajaan Singosari tersebut.

“Untuk ke depan, kita berharap mereka ini adalah generasi-generasi penerus, yang akan menjaga dan melestarikan seni dan tradisional yang sudah diwariskan oleh nenek moyang kepada kita semua,” tandasnya.

Hatmoko Widi

Baca juga:

  1. Relawan Posraya Kabupaten Tangerang Gelar Aksi Bubuhkan Tandatangan Dukung Zaki-Romli
  2. Tenun Badui Diminta Pasar Korea Selatan
  3. Film “Silariang” Tayang di 65 Layar Bioskop

Banner IDwebhost

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Update