oleh

Mendoan Banyumas Ini Gurih dan ‘Ngangeni’

Mendoan makanan khas Banyumas-Jawa Tengah.

MENDOAN adalah salah satu makanan khas dari daerah Banyumas, Jawa Tengah yang terbuat dari bahan dasar tempe. Menurut orang Bayumas, mendoan berasal dari kata “mendo” yang berarti setengah matang atau lembek.

Membuat makanan mendoan ini adalah dengan cara digoreng dengan menggunakan minyak panas yang banyak dengan cepat sehingga masakan tidak matang benar. Sebelum digoreng mendoan dibaluri dengan tepung cair yang sudah diberi bumbu.

Nah, bicara soal mendoan ini,  ternyata tidak hanya terdapat di Banyumas saja, tetapi sudah menjelajah ke kota-kota besar di Pulau Jawa, bahkan daerah lainnya. Penyajian mendoan ini disajikan dalam keadaan panas disertai dengan cabe rawit atau sambal kecap. Mendoan tempe juga dapat dijadikan sebagai lauk makan ataupun makanan ringan untuk menemani minum teh atau kopi saat santai.

Meskipun makanan mendoan ini sudah tersebar di berbagai daerah, namun makanan ini juga masih menjadi makanan khas yang diburu oleh masyarakat bila berkunjung ke daerah Banyumas, Purwokerto dan sekitarnya. Untuk wilayah Banyumas, para pelancong bisa mendapatkan oleh-oleh mendoan tempe ini di daerah Sawangan, Purwokerto, yang merupakan pusat jajanan khas Purwokerto.

Yang unik dari mendoang Banyumas dengan mendoang-mendoang di daerah lain, tempenya pun dibuat secara khusus, dalam lembaran-lembaran tipis. Jadi jika ingin menggoreng makanan ini, tidak perlu lagi mengirisnya lagi.

Hatmoko Widi

Baca Juga:

  1. PWI Jadikan Musi Banyuasin Percontohan Jurnalisme Desa
  2. Bintang Sinetron “Cek Edoh” Belajar Bikin Sepatu di Tangerang
  3. Anggota TNI Kodim 0506/Tgr Grebek Tempat Pengoplosan Tabung Gas Bersubsidi

Banner IDwebhost

Komentar

NEWS UPDATE