oleh

Lomba Cipta Menu Pangan Lokal ‘Non Beras’ Digelar

LENSAPENA – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Tangerang, Yuli Zaki Iskandar, membukan Lomba Cipta Menu Festival Pangan Makanan Lokal Bergam Bergizi Sehat Aman (B2SA), di Gedung Serbaguna Pemerintah Kabupaten Tangerang, Selasa 3 September 2019.

Dalam sambutannya, Yuli, mengatakan bahwa bahan panganan lokal seperti singkong, ubu jalar, jagung, merupakan pontensi pangan di daerah. untuk itu, kata Yuli, perlu dibudidayakan, dan bisa menjadi bahan pangan yang lebih lebih beragam, serta dapat memberikan kontribusi asupan gizi yang baik bagi masyarakat.

“Bahan pangan lokal seperti singkong harus terus kita kembangkan, mulai dari olahannya hingga cara penyajiannya agar lebih bersaing dengan pangan yang lain,” ungkap Yuli Zaki Iskandar.

Pada lomba cipta menu B2SA ini, peserta membuat berbagai olahan makanan dari bahan non beras, dengan tiga kategori menu, yakni untuk menu sarapan, makan siang.

“Diharapkan peserta bisa menerapkan olehan makanan ini kepada keluarga dan masyarakat. Karna pentingnya cipta menu B2SA untuk keluarga,” kata Yuli di depan peserta.

Kepala Dinas Pertanian dan ketahanan Pangan Kabupaten Tangerang, Aziz Gunawan, menambahkan lomba cipta menu ini diikuti kader PKK di 29 kecamatan. Selain menambah pemahaman kader-kader PKK untuk mengolah sumber gizi dari makanan lokal, kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan pencerahan cara pengolahan dan penyajian makanan agar lebih menarik.

“Maksud dan tujuannya lomba ini agar ibu-ibu faham kandungan gizi pangan lokal, dan cara penyajiannya seperti apa. Ternyata banyak, enak dan menarik,” ungkap Aziz.

Sementara Dini Dadang Sudrajat ketua PKK Kecamatan Sepatan, mengaku, kadernya menyajikan Nasi Ancemon, yaitu nasi dari singkong, capcay bakso ikan, perkedel kentang, serta beef terayaki buah pisang.

“Nasi dari singkong diparut kita sajikan namanya Ancemon. Untuk olahan ikan kita padikan dengan sayuran capcay perkedel dan terayaki agar lebih menambah gizi dan seratnya,” ungkap Dini.

Untuk perwakilan Kecamatan Jambe menu andalannya adalah abon jantung pisang, cendil singkong pelangi, jus nanas dan jus naga, ikan cue tongkol asam manis. Sedangkan Kecamatan Cikupa adalah kue jas potato, pesmol ikan kakap, sayur capcai, snak dari bahan umbi jalar warna khas ungu.

Aditya

Banner IDwebhost

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Update