oleh

Anggaran Kegiatan Rp200 Juta Tidak Dilelangkan, Ini Alasan Diporbudpar Kabupaten Tangerang

LENSAPENA – Soal anggaran Rp200 juta untuk kegiatan Kemah Bhakti Kepemudaan yang diselenggarakan dalam rangkah Hari Sumpah Pemuda oleh Dinas pemuda, Olahraga, Budaya dan Pariwisata (Disporbudpar) Kabupaten Tangerang beberepa waktu, dinas mengakui memang tidak melalui lelang/tender.

Pun demikian, Kepala Disporbudpar Kabupaten Tangerang, Surya Wijaya, mengklaim jika hal itu sudah sesui dengan Peraturan Presiden (Perpres) No. 16 Tahun 2018, tentang pengadaan barang/jasa pemerintahan.

Baca juga: Spice Route Culture: Mengungkap Sejarah Perniagaan Rempah Nusantara

Surya juga beralasan, kenapa hal itu tidak ditenderkan atau dilelangkan? Karena menurutnya anggaran tersebut adalah anggaran kegiatan, bukan belanja fisik. Secara item pun, kata Surya, dalam kegiatan yang dilaksanakan melalui bidang kepemudaan pada dinas yang dia motorinya itu, juga berbeda-beda alias tidak sama.

“Kalau ada yang mengatakan ada indikasi tidak sesuai administrasi, lelang gini-gini, baca dulu aturannya. Itu sah-sah saja,” ujar Surya Wijaya, Rabu 30 Oktober 2019.

Dia juga menjelaskan, anggaran kegiatan itu diantaranya adalah belanja jasa dan belanja barang. Untuk kegiatan belanja barang sendiri, diakuinya memang harus pihak ketiga melalui penunjukan langsung. Hal ini dikarenakan, jumlah anggarannya hanya kisaran Rp40 juta per-item.

Baca juga: Club Harley Davidson ‘Dakota’ Kampanyekan Produk Sepatu Lokal

“Untuk belanja jasa itu kan ada untuk honor narasumber, dan itu pun kan pembayarannya juga non-tunai. Dan untuk belanja barang dan jasa itu, nilainya hanya kisaran 40 persen-60 persen,” katanya.

Disinggung soal berapa besaran anggaran di setiap bidang pada Disporbudpar, kata Surya, anggaran terbesar adalah bidang olahraga, karena ada penambahan dari dana hibah, yang kisarannya Rp10 hingga Rp16 miliar. Sedangkan untuk bidang kepemudaan, menduduki angka kedua setelah olahraga. Dan, yang paling kecil adalah bidang Kebudayan dan Pariwisata, dengan nilai di bawah Rp1 miliar.

Baca juga: Ajak Pemudanya untuk Maju, Zaki Datangkan Motivator dari Australia

Banner IDwebhost

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Update