oleh

Astra Tol Tamer Kembangkan Program 4 Pilar di KBA

LENSAPENA – Sebagai salah satu bentuk kepeduliannya terhadap masyarakat, PT Marga Mandalasakti (ASTRA Tol Tangerang-Merak) terus melakukan pembinaan terhadap Kampung Berseri Astra (KBA), di Desa Talagasari, Kecamatan Balaraja, Kabupaten Tangerang.

KBA merupakan program kontribusi sosial berkelanjutan ASTRA yang diimplementasikan kepada masyarakat dengan konsep pengembangan dan mengintegrasikan 4 pilar program yaitu Pendidikan, Kewirausahaan, Lingkungan dan Kesehatan.

Baca juga: Polemik Pilkades di Tangerang, Pelapor ke Ombudsman Bertambah 12

Direktur PT Marga Mandalasakti, Kris Ade Sudiyonom, menjelaskan, sebelum melakukan pengembangan binaan di Desa Talagasari, ASTRA telah mendirikan Rumah Pintar (Rumpin) ASTRA pada 2013 yang juga berlokasi di Desa Talagasari.

“Hingga kini Rumpin ASTRA telah banyak melakukan aktivitas sentra yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, terdiri atas Sentra Baca, Sentra Bermain, Sentra Audio Visual, Sentra Komputer dan Sentra Kriya,” Kris Ade Sudiyonom saat melakukan kunjungan ke kampung binaannya tersebut beberapa waktu lalu.

Baca juga: Tolay, Kearifan Lokal Tangerang Ini Mulai Meredup

Ia juga mengungkapkan, pembinaan pada KBA pada Desa Talagasari dilakukan melalui program pemberdayaan masyarakat meliputi 4 pillar yaitu, Pilar Pendidikan berupa Rumah Pintar, Fasilitas Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Pillar Kewirausahaan dengan menghasilkan produk kreasi pemanfaatan barang bekas berdaya jual, Pillar Lingkungan berupa menerapkan Rumah Berseri sebagai ketahanan masyarakat untuk tumbuh berwawasan lingkungan, hingga kini telah ada 23 rumah yang menghasilkan tanaman dan panen sayur untuk kebutuhan sendiri, juga bank sampah serta Pillar Kesehatan melalui pembinaan Posyandu yang melibatkan para kader dan bidan desa.

Baca juga: Berburu ‘Seafood’ di Pantai Utara, Tanjung Kait

Saat berkunjung di desa binaannya tersebut, Kris juga melihat langsung hasil produksi dari pembinaan yang dipamerkan pada stan-stan di Rumpin ASTRA, seperti Stan 4 pillar hasil binaan juga stan Sentra Kriya yang memamerkan produk kreasi olahan barang bekas kerajinan tangan para Ibu-ibu masyarakat setempat. Selain di Rumpin, para Direksi juga melakukan peninjauan langsung ke lokasi-lokasi aktivitas pembinaan, di antaranya Rumah Berseri dan Bank Sampah. Aktivitas bank sampah mendapatkan banyak perhatian dari masyarakat, hingga bulan Agustus 2019 tercatat sebanyak 2.684 kg yang dapat menghasilkan sekitar empat jutaan rupiah.

Baca juga: Polemik Pilkades di Tangerang, Pelapor ke Ombudsman Bertambah 12

“Melalui program KBA ini diharapkan masyarakat dan perusahaan dapat berkolaborasi bersama untuk mewujudkan wilayah yang bersih, sehat, cerdas dan produktif sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat di wilayah Kampung Berseri Astra,” jelas Kris Ade Sudiyonom.

Hal ini juga, kata Kris, adalah bagian dari cita-cita ASTRA yaitu untuk Sejahtera Bersama Bangsa “Prosper with the Nation” yang lahir dari nilai-nilai Catur Dharma ASTRA.

Dengan mengotimalkan potensi lokal yang ada di wilayah Desa Talagasari melalui sinergi bersama ASTRA Tol Tangerang-Merak, lanjut Kris, diharapkan desa ini dapat menjadi contoh bagi desa lainnya di wilayah Tol Tangerang-Merak dalam mewujudkan wilayah yang bersih, sehat, cerdas dan produktif untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Baca juga: Begini Cara ‘GOOX’ Melawan Sampah dari Produk Impor

Banner IDwebhost

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Update