oleh

“Lompong Sagu” Si Manis Nan Kenyal dari Tanah Minang

LENSAPENA – Selain memiliki kuliner rendang yang gurih dan terkenal hingga ke mancanegara, Padang Sumatera Barat juga mempunyai kuliner khas tradisional yang unik dan banyak diminati masyarakat, yaitu kue Lompong Sagu.

Bentuk kue Lompong Sagu ini sangat sederhana; lonjong, dan pipih. Kue Lompong Sagu terbuat dari tepung sagu yang diaduk bersama pisang kepok, santen, kelapa, dan gula aren. Paduan rasa manis dan sedikit gurih dengan tekstur yang kenyal menjadikan kue ini terasa begitu nikmat saat lidah kita merasakannya.

Baca juga: Stanislaus Riyanta: Tito Karnavian Menjadi Mendagri Sangat Tepat

Kue ini dibuat dengan cara dibungkus daun pisang, dan dipanggang diatas bara. Sehingga, ketika daun dibuka aroma khas Lompong Sagu ini akan mengudara dan membuat siapa pun yang menciumnya akan berselera untuk segera memakannya. Kue berwarna kecoklatan ini sekilas mirip kue khas betawi ketimus. Hanya saja aroma kue ini terasa lebih menggoda ketika baru saja melalui proses pemanggangan.

Baca juga: Inilah Daftar Nama dalam Kabinet Kerja Jokowi Jilid II

Kue lompong sagu menjadi salah satu kue khas tradisional orang Minang, yang menjadi kekayaan kuliner Nusantara. Keberadaannya yang sudah mulai sulit ditemukan menjadikan kue ini banyak diburu oleh para penikmat kuliner ketika berkunjung ke Sumatera Barat.

Namun tak perlu khawatir, jika Anda berkunjung ke Sumatera Barat, dan ingin mencicipi si manis gurih dan kenyal ini, bisa datang ke Kedai Palai Bada Lompong Sagu, di Jalan Ampang Raya Ampang Kuranji Kota Padang Sumatera Barat.

Baca juga: Operasi Zebra Digelar, 388 Personil Polda Banten Diterjunkan

Banner IDwebhost

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Update