oleh

Resep Kuliner Kelo Mrico Khas Rembang

LENSAPENA  – Kelo Mrico, atau orang Jawa Rembang juga menyebut ‘Jangan Mrico‘ adalah salah satu masakan khas daerah tersebut yang terbuat dari ikan laut segar. Nama ‘Mrico’ sendiri adalah berasal dari salah satu bumbu rempah bumbu sayur tersebut, yaitu Lada.

‘Kelo Mrico’ atau ‘Jangan Mrico’ ini terbuat dari bahan baku ikan sembilang. Namun juga bisa menggunakan dukang/kedokan, keting, kerapu, kerang-kerong, ikan pethek, atau ikan-ikan jenis travely lainnya.

Baca juga: Mang Akol, Warga Jayanti: 13 Tahun Tinggal di Gubuk Bak Kandang Ayam

Nah, buat Anda yang penasaran ingin mencicipi kuliner yang satu ini, dari berbagai sumber, berikut lensapena.id menyajikan resep jitu, untuk membuat kliner sayur ‘Kelo Mrico’.

Resep Sayur ‘Kelo Merico’ khas Rembang:
– 3 kg ikan segar (sembilang atau sejenisnya)
– 10 bawang merah
– 5 bawang putih
– 1 ons cabe merah keriting
– 1 ons cabe rawit
– 1 jempol kaki laos
– 7 kemiri
– 2 sdm mrica
– 3 jempol kaki asam jawa
– 2 jempol tangan kunyit
– 1/2 jempol tangan terasi
– Garam secukupnya
– Air secukupnya

Baca juga: Ada 3 Makhluk Penunggu Telaga Biru Cigaru?

Cara memasak:
Semua bumbu diuleg dan dihaluskan. Masukkan air ke dalam panci lalu didihkan. Setelah mendidih masukkan bumbu halus ke dalam panci. Tunggu sampai mendidih lagi. Setelah mendidih masukkan ikan segar yang akan dimasak. Setelah ikan masuk ke dalam panci lalu tunggu sampai mendidih. Untuk menjaga keutuhan ikan di dalam panci maka ikan jangan terlalu sering diaduk karena ikan sangat mudah sekali hancur. Kalau sudah mendidih masakan siap disajikan.

Widi. H

Banner IDwebhost

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Update