oleh

Tolay, Kearifan Lokal Tangerang Ini Mulai Meredup

Banner IDwebhost

LENSAPENA – Topeng Tolay merupakan salah satu seni pertunjukan teater tradisi yang berkembang di wilayah Tangerang. Namun, keberadaan Topang Tolay ini sekarang sudah mulai jarang.

Pertunjukan Topeng Tolay terdiri dari: musik (biasanya Dangdut), Kliningan, Jaipong, Tari Gawil, Lawak dan Drama. Hampir sama dengan kesenian Ludruk Jawa Timuran atau Lenong Betawi. Namun, seni Topeng Tolay ini lebih cenderung mirip dengan Lenong Betawi, terutama dalam struktur lelakon, yang menggambarkan kehidupan sehari-hari masyarakat lokal. Kemiripan Topeng Tolay dengan Lenong Betawi ini, disinyalir karena letak geografis wilayah tersebut yang berdekatan, serta memiliki latar belakang kultur yang hampir sama.

Baca juga: Tari Cukin Simbol Harmonisasi dalam Bingkai Budaya

Topang Tolay dimainkan oleh puluhan personil yang terdiri dari nayaga, sinden, kru panggung dan aktor. Yang menjadi ciri khas, serta selalu dinanti-nanti dalam perhelatan Topeng Tolay adalah lawakan oleh para pemainnya.

Untuk melestarikan kesenian yang menjadi salah satu kearifan lokal Kabupaten Tangerang, Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan pariwisata (Disporburpar) Kabupaten Tangerang elalu menampilkan kesenian tersebut dalam setiap kegiatan pemerintahan. Seperti HUT Kabupaten Tangerang, serta peristiwa budaya besar lainnya di daerah berjuluk Kota Seribu Pabrik tersebut.

Baca juga: Polemik Pilkades di Tangerang, Pelapor ke Ombudsman Bertambah 12

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Update