oleh

Umbut Rotan Kuliner Unik Khas Dayak

LENSAPENA – Selain memiliki keunikan ragam budaya serta kekayaan alam yang luar biasa, Kalimantan ternyata memiliki keragaman kuliner yang lezat dan patut untuk dicicipi. Salah satunya adalah kuliner khas Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

Kuliner khas Palangkaraya didominasi oleh masakan khas Banjar dan khas Dayak. Menu khas Dayak yang paling terkenal adalah Juhu Singkah atau Umbut Rotan.

Baca juga:Tutup Tak Penuhi Hak Karyawan, PT. Sandrafine Garment Didemo

Nah, bicara soal kuliner yang berbahan baku tumbuhan hutan, yaitu rotan, yang juga sebagai bahan baku untuk pembuatan forniture, tentu saja akan membuat penasaran sahabat lensapena.id. Karena, benda rotan dikenal sebagai benda yang keras dan elastis.

Untuk membuat olahan kuliner Juhu Singkah atau Umbut Rotan ini, bahan baku kuliner khas masyarakat Dayak ini, tentu saja rotan yang masih sangat muda, dan masih lunak. Sebelum dimasak, rotan yang masih sangat muda ini terlebih dahulu dibuang kulit atau selaput silikanya.

Baca juga: Terkait Pilkades di Kabupaten Tangerang, Ombudsman Terima Dua Laporan

Agar citarasa umbu rotan ini lezat, gurih, dan nikmat, biasanya dicampur dengan sayuran lain, dan dimakan dengan ikan. Beragam jenis ikan yang bisa dijadikan teman makan kuliner umbut rotan ini diantaranya adalah ikan gabus, tauman, mihau, kihung, kerandang, sepat siam, patung, biawan, pepuyu, sepat, sisili, kapar, dan masih banyak lagi ikan-ikan yang pastinya tidak sahabat lensapena.id dapatkan di tempat lain.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat olahan kuliner Juhu Singkah atau Umbut Rotan:

– 1 kg Umbut atau pohon kelapa bagian atas.
– 1 ruas kunyit dan laos sudah di pukul supaya pecah.
– 1 sendok teh ketumbar
– 1 sendok teh garam
– 2 gelas santan kental
– 2 siung bawang putih
– 3 lembar daun salam
– 6 gelas santan cair
– 6 siung bawang merah

Baca juga: Soal UU KPK, Presma BEM ITB-AD Jakarta: Kami Memilih Judicial Review

Cara membuat:

Umbut yang masih lemah dicuci, diiris tipis seukuran sendok makan, tebal ½ cm diremdam dalam air, tiriskan. Rebus air, lalu masukan umbut. Masukkan semua bumbu yang sudah dihaluskan (kecuali daun salam dan laos), diamkan hingga matang dan meresap. Juhu Singkah/Umbut Rotan Khas Kalimantan Tengah siap dihidangkan.

Banner IDwebhost

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Update