oleh

8 Kota/Kabupaten di Banten Terima Penganugerahan Keterbukaan Infomasi Publik

LENSAPENA – Komisi Informasi (KI) Banten memberikan Penganugerahan Keterbukaan Informasi Publik 2019 kepada 8 Badan Publik, yaitu pemerintah kabupaten/kota se-Provinsi Banten. Pemberian penaugerahan ini dilaksanakan di Gedung Pendopo Provinsi Banten, Kamis 7 November 2019. Pemberian Penganugerahan Keterbukaan Publik sendiri berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi (monev) dalam implementasi UU KIP.

Badan publik yang menerima Penganugerahan Keterbukaan Informasi Publik 2019 ini adalah: Pemerintah Kota Tangsel dengan predikat Informatif, Pemerintah Kota Tangerang (Informatif), Pemerintah Kota Serang (Informatif),Pemerintah Kabupaten Serang (Informatif), Pemerintah Kabupaten Pandeglang (Informatif), Pemerintah Kabupaten Lebak (Informatif), Pemerintah Kabupaten Tangerang (Menuju Informatif), dan Pemerintah Kota Cilegon (Cukup Informatif)

Ketua Komisi Informasi (KI) Provinsi Banten Hilman mengatakan, Penganugerahan Keterbukaan Informasi Publik ini bertujuan memastikan masyarakat mendapatkan informasi yang baik dan benar dari OPD maupun daerah di seluruh Provinsi Banten yang bersentuhan langsung dengan pelayanan serta menyangkut informasi publik.

“Pemberian penganugerahan ini dilakukan agar meningkatkan informasi kepada publik dengan sebaik-baiknya, dan kami hanya memastikan bahwa keterbukaan informasi telah diterima masyarakat,” ujar Hilman.

Komisi Informasi (KI) pusat diwakili Komisioner KI Pusat Arief Kurshandono juga mengatakan bahwa lahirnya UU No. 14 Tahun 2008 mendorong pemerintahan untuk terbuka dan transparan, dan dapat memberikan akses kepada masyarakat secara luas.

“Bahwa tadi telah disaksikan secara bersama penganugerahan, dan patut disyukuri, bagian prestasi dari kinerja semua instansi dan pemerintah, keterbukaan informasi menjadi keharusan, di sisi lain informasi harus dikelola dengan baik agar informasi tersebut diberi makna positif,” kata Arif.

Sementara itu Sekda Provinsi Banten, Al Muktabar menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Banten sedang mengambil langkah-langkah dalam rangka fasilitasi keterbukaan informasi dan berbagai langkah tertentu juga dalam kelola informasi dan terawasi juga oleh publik.

“Lahirnya Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan Publik secara historis dilatarbelakangi oleh bergulirnya reformasi dalam negara Kesatuan Republik Indonesia. Untuk itu saya mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk dapat mematuhi aturan tersebut dalam memberikan Informasi,” tutup Sekda Provinsi Banten.

Sementara itu, Kadis Kominfo Kabupaten Tangerang Tini Wartini salah satu penerima penghargaan tersebut mengatakan bahwa dengan diraihnya predikat Menuju Informatif ini menunjukan bahawa kerja keras Diskominfo Kabupaten Tangerang dalam memperbaiki predikat dari tahun sebelumnya bisa tercapai dengan baik, meskipun masih ada beberapa hal yang perlu dibenahi.

“Alhamdulillah kami bisa meraih predikat menuju informatif yang sebelumnya cukup informatif, ini berarti ada peningkatan dari tahun sebelumnya, kedepan kami akan berusaha menuju predikat Informatif, untuk itu kami harus bekerja lebih keras lagi agar maksud dan tujuan tersebut bisa tercapai,” ujar Tini.

Banner IDwebhost

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Update