oleh

Awas! Masuk Kawasan Kawah Putih Ciwidey Tidak Boleh Sembarangan

Banner IDwebhost

LENSAPENA – Berwisata di Kawah Putih di kaki Gunung Patuha, tepatnya di Desa Alam Endah, Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung, memang menyenangkan. Karena selain bisa melihat indahnya panorama danau kawah belerang sisa letusan gunung api, yaitu Gunung Patuha, pengunjung juga bisa mengabadikan berbagai angle foto yang keren untuk mengisi Instagram dan media sosial lainnya.

Namun demikian, sebelum masuk ke kawasan wisata tersebut, sebaiknya memperhatikan berbagai hal demi untuk kenyamanan selama berada di lokasi kawah tersebut. Jadi, tidak boleh sembarangan!

Kawah Putih merupakan kawah belerang yang memiliki kandungan sulfur cukup tinggi, tentu saja akan menimbulkan bau yang sangat menyengat. Untuk itu, salah satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah pengunjung harus membawa masker dari rumah, karena masker di sini harganya lebih mahal ketimbang beli di luar.

Selain itu, karena di kawasan kawah ini sangat terbuka, meskipun berada dalam ketinggian cuacanya cukup panas. Maka dari itu hendaknya tidak usah berlama-lama di sini, dan pakailah topi atau payung. Di sini juga banyak warga yang menyewa-nyewakan payung, tetapi tentu saja harganya jauh jika dibandingkan dengan ojek payung yang biasa muncul pada saat musim hujan.

Untuk pengunjung yang membawa anak, terutama anak kecil, hendaknya melakukan pengawasan lebih intensif kepada anak-anaknya. Itu pun jangan terlalu lama berada di kawasan ini, karena aroma bau yang menyengat terlalu lama bisa berakibat kurang baik untuk anak-anak. Jangan lupa juga bawa bekal air putih yang cukup.

Tidak kalah pentingnya adalah patuhi segala peraturan yang ada di area kawasan Kawah Putih tersebut. Dalam hal ini, petugas wisata sudah memasang berbagai rambu, termasuk batasan-batasan mana yang boleh dijangkau oleh pengunjung. Dan, pada saat-saat tertentu kabut putih juga akan turun mengurung seluruh kawasan kawah. Kalau sudah dalam fase ini, hendaknya pengunjung lekas naik ke atas dan meninggalkan kawah tersebut. Karena selain hawa dingin menyelimuti tubuh, pandangan mata juga akan terhalang oleh kabut yang sangat tebal.

Buat para pengunjung yang datang ke kawasan wisata Kawah Putih tidak menggunakan kendaraan pribadi, sudah ada kendaraan yang siap mengantar. Namanya ‘ontang-anting’. Yang dimaksud dengan ontang-anting di sini adalah mobil angkot berwarna orange yang bodinya sudah didesain, dan dibuat setengah terbuka. Pengunjung akan dibawa naik sampai kawasan wisata kawah putih, dan akan diantar kembali ke terminal tempat pemberangkatan di sekitar gerbang sebelum memasuki kawasan tersebut.

Komentar

News Update