oleh

Benarkah, Dililit Celana Bekas Pohon Pete Bisa Berbuah Lebat?

LENSAPENA – Petai, pete atau jenis mlanding (Parkia speciosa) merupakan pohon tahunan tropika dari suku polong-polongan (Fabaceae), anak-suku petai-petaian (Mimosoidae).

Tumbuhan ini tersebar luas di Nusantara bagian barat. Bijinya, yang disebut “petai” juga, dikonsumsi ketika masih muda, baik segar maupun direbus, untuk lalapan. Biji petai atau pete ini juga sering dijadikan campuran berbagai varian kuliner, seperti sambel goreng pete, nasi goreng pete dan lain sebagainya.

Sebelum berbentuk buah, terlebih dahulu muncul bunganya, atau disebut ‘pendul’. Pendul berproses menjadi ‘pentil’ atau bakal buah setelah serbuknya sebagian rontok, dan sisa yang masih menempel itulah yang terbentuk menjadi pentil. Lalu berproses membentuk polong hingga menjdi buah pete yang siap untuk dipetik.

Nah, bicara soal petai, pete atau jenis mlanding, pernahkah Anda melihat pohon ini batangnya dililit menggunakan celana bekas? Di daerah Banyumas, tepatnya di Desa Tunjung, Kecamatan Jatilawang, pohon pete yang batangnya dililit dengan celana bekas banyak ditemukan di beberapa tempat.

Meskipun belum ada penelitian secara ilmiah, namun menurut mitos, pohon pete yang batangnya dililit menggunakan celana bekas ini, dipercaya akan lekas berbuah, atau jika berbuah akan lebat.

Maryo (48), salah seorang pemiliki batang pohon pete mengaku, ia sangat mempercayai jika batang pohon petenya akan cepat berbuah dan buahnya akan lebat jika batangnya dililit menggunakan celana bekas.

“Mitosnya begitu, cepet buah dan buahnya akan lebat,” ujar Maryo.

Selain celana bekas, menurut Maryo, mitos lain agar pohon pete lekas berbuah dan lebat adalah dililit dengan menggunakan ‘kukusan’, yaitu alat untuk memasak nasi yang terbuat dari anyaman bambu.

Bagaimana, Anda pecaya dengan mitos pohon pete yang dililit dengan menggunakan celana bekas akan lekas berbuah dan lebat?

Banner IDwebhost

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Update