oleh

Ikan Gabus Ternyata Bisa Menyembuhkan Penyakit Kanker

Banner IDwebhost

LENSAPENA – Ikan Gabus atau dalam bahas ilmiah channa striata adalah jenis ikan predator yang hidup di air tawar. Ikan gabus banyak terdapat di rawa-rawa, di hampir setiap daerah di Indonesia.

Di setiap daerah, ikan spesies keluarga channidae ini memilik nama yang berbeda-beda. Di daerah Serang-Banten misalnya, ikan ini disebut ikan bayong; di daerah Jawa Tengah khususnya Purwokerto, atau Banyumas dan sekitarnya orang menyebutnya ikan bogo atau licingan; di Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekitarnya dinamai ikan kotes atau kutuk; sedangkan di daerah Riau, masyarakat menyebutnya ikan aruan atau haruan.

Di Inggris ikan ini disebut dengan berbagai nama, yaitu common snakehead, snakehead murrel, chevron snakehead, striped snakehead dan juga aruan. Dan, menurut orang, jenis ikan gabus yang masik remaja, disebut kocolan.

Salah satu daerah rawa-rawa yang masih banyak terdapat ikan gabus adalah di area perkebunan kelapa sawit milik PTP Nusantara XII Bekri, Lampung Tengah. Di kawasan ini, kita masih bisa menemukan banyak ikan gabus dengan berbagai ukuran. Ikan-ikan gabus ini juga menjadi salah satu mata pencaharian warga sekitar perkebunan tersebut.

Nah, kalau kita ingin mendapatkan ikan-ikan gabus ini, bisa mendapatkannya di sepanjang jalan raya, di area perkebunan kelapa sawit Bekri, tepatnya berbatasan dengan Desa Bumi Jaya, Kecamatan Anatuha, Lampung Tengah. Harga pertiga ekor ikan gabus ukuran sedang, Rp25 ribu. Ikan-ikan ini masih segar, karena baru saja ditangkap dari rawa-rawa are perkebunan tersebut.

Bicara soal ikan gabus ini, meskipun bentuknya lonjong, bersisik, dan kepalanya merupai kepala ular, namun memiliki rasa yang lezat. Di Betawi atau Jakarta, kuliner ikan gabus ini juga menjadi salah satu makanan favorit, yaitu kuliner gabus pucung. Ikan gabus juga bisa diolah dengan rempah dan santan, atau digoreng.

Di balik kelezatannya, ikan gabus ternyata memiliki kandungan albumin yang bagus untuk kesehatan tubuh, terutama dalam proses penyembuhan luka-luka.

Berbagai sumber menyebutkan bahwa pemberian daging ikan gabus atau ekstrak proteinnya telah dicoba untuk meningkatkan kadar albumin dalam darah dan membantu penyembuhan beberapa penyakit seperti kanker, stroke, gagal ginjal, diabetes mellitus hingga pengobatan pasca operasi.

Komentar

News Update