oleh

Keistimewaan dan Manfaat Bunga Marigold (Kenikir)

LENSAPENA – Bunga marigold adalah klasifikasi kenikir-kenikiran, yang dengan nama ilmiah Tagetes. Bunga miragold atau kenikir ini memiliki puluhan jenis dan warna: mulai dari emas, oranye, putih, merah dan kuning. Namun kuning dan oranye adalah warna yang paling banyak ditemukan.

Jenis marigold yang berbeda-beda tersebut dikenal pula sebagai simbol passion dan kreativitas dalam hal dekorasi. Bunganya yang dipotong biasa digunakan untuk membuat karangan bunga. Di India, marigold diberi ke Tuhan dan dewa dewi selama Durga Ouja, begitupun di berbagai festival.

Di beberapa daerah, jenis bunga ini juga banyak ditanam dalam pot sebagai tanaman hias, ada juga yang digunakan sebagai pagar pembatas.

Nah, bicara soalnya bunga marigold atau kenikir-kenikiran, ternyata di balik aromanya yang khas, memiliki kasiat yang luar biasa untuk kesehatan, diantaranya:

Melawan radikal bebas
Karena tinggi akan kandungan zat antioksidan, maka bunga marigold membantu tubuh dalam melawan radikal bebas yang menyebabkan penyakit dan penuaan dini. Bunga ini juga memiliki sifat anti-karsinogenik.

Mengeluarkan racun dari dalam tubuh
Minum teh yang terbuat dari bunga marigold dapat membantu Anda dalam membersihkan racun terutama dari hati dan kantung empedu Anda. Sehingga tubuh Anda bebas dari gangguan penyakit berbahaya.

Mengobati demam dan sakit tenggorokan
Teh bunga marigold dapat membantu tubuh dalam melawan demam dan batuk. Jika Anda memiliki sakit tenggorokan, maka kumurlah dengan teh bunga marigold tiga kali sehari untuk mengurangi infe.

Mengobati masalah pencernaan
Bunga marigold mampu melindungi lapisan lambung dan usus Anda serta mencegah penyakit tukak lambung, gastritis, bahkan kanker perut.

Banner IDwebhost

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Update