oleh

PDIP Ajak Masyarakat dan Kadernya Kurangi Penggunaan Bahan dari Plastik

LENSAPENA – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kabupaten Tangerang mengajak masyarakat dan kadernya untuk mengurangi penggunaan bahan plastik seperti kantong untuk belanja, tempat air mineral, bungkus makanan dan apa pun berbahan plastik yang berpotensi menghasilkan sampah serta merusak lingkungan.

Ketua DPC PDI Perjuangan, Irvansyah mengatakan bahwa racun-racun dari partikel plastik yang masuk ke dalam tanah akan membunuh hewan-hewan pengurai di dalam tanah seperti cacing. PCB yang tidak dapat terurai meskipun termakan oleh binatang maupun tanaman akan menjadi racun berantai sesuai urutan rantai makanan.

“Untuk itu, kami dari PDI Perjuangan mengajak masyarakat dan para kader untuk mengurangi penggunaan plastik,” ujar Irvansyah saat menggelar rapat rutin pengurus DPC PDI Perjuangan di kantornya, Sabtu 16 November 2019.

Irvansyah juga mengungapkan, pengurangan penggunaan plastik ini sudah dilakukan pada saat Kongres V PDI Perjuangan di Bali pada 8-10 Agustus 2019 lalu. Pada saat itu, kata Irvansyah, tak boleh menggunakan plastik. Karena, lanjut Irvansyah, hal ini merupakan budaya merawat dan melestarikan lingkungan.

“Meskipun itu ajang besar, tetapi dalam acara tersebut tidak ada sampah plastik,” katanya.

Menurutnya, bahan-bahan plastik seperti kantong plastik atau bungkus makanan serta kemasan air mineral berbahan plastik merupakan penyumbang sampah paling banyak dan berpotensi merusak lingkungan.

“Jika dibuang sembarangan bisa mengakibatkan tersumbatnya selokan dan badan air. Apalagi jika sampai termakan oleh hewan, ini akan rusaknya ekosistem di sungai dan laut. Karena sampah plastik, khususnya kantong plastik, jika tidak dikelola dengan bertanggung jawab, ini akan merusak lingkungan dan ekosistem,” pungkasnya.

Banner IDwebhost

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Update