oleh

Rajin Membaca Ternyata Bisa Memperbaiki Memori

Banner IDwebhost

LENSAPENA – Pesatnya perkembangan teknologi menjadi ancaman menurunnya minat baca di masyarakat, terutama di kalangan remaja. Karena, mereka cenderung memilih dengan cara instan untuk mendapatkan informasi. Cukup “klik” apa yang mereka inginkan bisa mudah didapatkan. Artinya, tak perlu menjelajah setiap kata dan kalimat yang sesungguhnya memiliki banyak manfaat.

Membaca karya konfensional seperti buku, majalah, koran dan lain sebagainya, adalah membuka jendela dunia. Karena, dengan membaca tersebut, kita bisa mengetahu banyak hal, terutama ilmu pengetahuan.

Kebiasan membaca tulisan yang baik dan benar, juga bisa melatih kita bisa berkomunikasi dengan baik. Karena, dari kebiasaan tersebut otak kita bekerja. Hal ini juga akan memengaruhi kepribadian seseorang, bahkan kecerdasannya. Untuk itu, membacalah dengan baik dan benar, serta membacalah bacaan-bacaan yang baik dan bisa menginspirasi secara positif

Berikut, berapa manfaat ketika kita rajin membaca bacaan yang baik dan benar:

Menambah Pengetahuan
Dengan banyak membaca, serta memilih bacaan yang selalu berbeda akan mendapatkan ilmu pengetahuan serta wawasan yang baru untuk diri kita. Ini juga bisa meningkatkan kuwalitas hidup seseorang, baik secara sosial dan lainnya.

Memperbanyak kosakata
Semakin banyak kita membaca, akan semakin banyak pula memiliki banyak kosa kata. Hal ini juga akan membantu kita untuk lebih komunikatif dalam bertutur, karena kita memiliki banyak kata. Selain itu juga akan membangun kepercayaan diri.

Mengurangi stres
Membaca dapat menghilangkan ketegangan. Karena dengan membaca, kita akan menjadi lebih rileks. Untuk mengurangi stres, bacalah bacaan-bacaan yang menggembirakan dan inspiratif. Membaca juga menjadi hiburan gratis yang menyenangkan. Untuk itu, biasakanlah membaca, tapi bukan untuk membaca status orang lain di medis sosial.

Stimulasi mental
Membaca setiap hari dapat mencegah Alzheimer dan Demensia, karena dengan membaca, otak terjaga tetap aktif dan membuatnya tidak mudah kehilangan ingatan. Sama seperti otot lain di dalam tubuh, otak membutuhkan latihan agar tetap kuat dan sehat. Membaca juga akan meningkatkan kita dalam berkonsentrasi.

Keterampilan berpikir analitis
Kalau kita pernah membaca novel yang penuh dengan misteri, dan membuat penasaran, secara tidak kita sadari sebenarnya otak bekerja dalam memecahkan persoalan tersebut. Dari situlah, kebiasaan membaca akan melatih ketrampilan dalam menganalisa setiap persoalan yang kita hadapi.

Keterampilan menulis
Membaca karya yang diterbitkan dan ditulis dengan baik memiliki dampak yang nyata pada tulisan seseorang. Pasalnya mengamati irama, aliran, dan gaya penulisan orang lain akan selalu mempengaruhi karya Anda sendiri. Dengan cara yang sama seperti para musisi saling mempengaruhi satu sama lain, dan pelukis menggunakan teknik yang digunakan maestro sebelumnya, begitu pula penulis belajar bagaimana menyusun prosa dengan membaca karya orang lain.

Memperbaiki memori
Dengan banyak membaca akan membantu ingatan-ingatan jangka pendek serta menstabilkan suasana hati.

Berbagai sumber

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Update