oleh

RSUD Balaraja Tangerang Ditetapkan Sebagai Pelayan Publik Sangat Baik

Banner IDwebhost

LENSAPENA – RSUD Balaraja Kabupaten Tangerang ditetapkan sebagai pelayanan publik terbaik di wilayah I oleh Kementerian Pendayagunaan Aparstur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) RI. RSUD Balaraja memperoleh nilai sangat baik atas kinerjanya dalam pelayanan publik di bidang pelayanan kesehatan.

Penghargaan pelayanan publik yang diraih pemerintah Kabupaten Tangerang, dalam hal ini OPD RSUD Balaraja, merupakan hasil evaluasi kinerja unit penyelenggaraan pelayanan publik dari Menpan RB RI pada tahun 2019.

Menteri Pendayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo, mengatakan, untuk mendapatkan pelayanan publik yang maksimal perlu kerja keras bagi setiap pemerintah provinsi maupun pemerintah kabupaten/kota.

“Semoga menjadi contoh bagi daerah lain dalam meningkatkan pelayanan publik. Mudah-mudahan hasil dan evaluasi pelayanan publik ini bisa berproses reformasi berokrasi,” ujar Tjahjo Kumolo.

Lanjut Cahyo Kumolo, perkembangan pelayanan publik ini sangat luar biasa. Karena itu aspirasi masyarakat wajib dilaksanakan oleh OPD sampai ke tingkat kecamatan dan tingkat desa. Menurutnya, percepatan reformasi birokrasi juga menjadi sebuah kebutuhan sesuai dengan visi misi presiden dan wakil presiden RI 2019-2024.

“Kita harus memposisikan sebagai pelayanan publik, bekerja dengsn jelas, bekerja berorientasi hasil, sehingga publik merasa puas dengan hasil kerja pemerintah,” katanya.

Usai menerima penghargaan, Wakil Bupati Tangerang Mad Romli mengaku sangat bersyukur atas capaian tersebut.

“Penghargaan ini bisa menjadikan motivasi untuk OPD lain di Kabupaten Tangerang dalam meningkatkan pelayanan publik, begitu juga rumah sakit lain yang dimiliki kabupaten Tangerang seperti Rumah Sakit Tangerang dan Rumah Sakit Pakuhaji, agar bisa meningkatkan pelayanan publik,” ujar Mad Romli.

Direktur RSUD Balaraja Kabupaten Tangerang Reniati, menambahkan, sebelunya rumah sakitnya mendapatkan penghargaan baik (B). Dengan meningkatnya penghargaan menjadi peringkat A atau pelayanan sangat baik tersebut, diharapkan ke depan akan mendapatkan predikat sebagai rumah sakit dalam kategori pelayanan prima.

Ia juga mengungkapkan, RSUD`Balaraja selalu memberikan pelayanan yang terbaik, salah satunya adalah implementasi dari aplikasi Si Jempol. Aplikasi Si Jempol ini sudah memiliki banyak pictur dalam melayani pendaftaran, mulai dari kondisi kamar rawat inap yang kosong hingga dokter spesialis yang hadir di rumah sakit.

“Aplikasi yang kita bangun Si Jempol dan Si Awak Cager untuk BPJS sangat membantu masyarakat Kabupaten Tangerang, terutama untuk pendaftaran melalui online,” kata Reniati.

Untuk diketahui, selain RSUD Balaraja dalam penilaian pelayanan publik tahun 2019 ini, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) serta Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tangerang juga meraih penghargaan kategori baik (B) dalam pelayanan publik.

Komentar

News Update