oleh

Waspadai Penyakit Cacar Air, Bisa Menular Lewat Bersin dan Batuk

LENSAPENA – Penyakit cacar air atau dalam istilah medis disebut varicella adalah infeksi yang disebabkan virus Varicella zoster. Penderita yang terinfeksi virus ini ditandai dengan munculnya ruam kemerahan berisi cairan yang sangat gatal di seluruh tubuh.

Pada sebagian besar penderitanya, cacar air merupakan penyakit ringan, khususnya setelah digalakkan program vaksinasi cacar air pada pertengahan tahun 1990-an. Kendati demikian, cacar air tetap dapat menimbulkan komplikasi yang lebih serius pada penderita yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah.

“Cacar air merupakan penyakit menular yang disebabkan virus. Sehingga apabila ada yang terkena cacar air sebaiknya tidak ke sekolah agar tidak menularkan ke anak yang sehat,” ujar Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang, Desiriana Dinardianti, saat dikonfirmasi terkait banyaknya anak-anak sekolah TK yang terkena cacar air, Selasa 12 November 2019.

Penularan penyakit cacar air ini sendiri bisa melalui percikan ludah, serta kontak langsung dengan cairan yang berasal dari ruam. Penyakit ini lebih rentan menyerang anak-anak di bawah usia 12 tahun. Selain itu, ada beberapa faktor lain yang dapat meningkatkan risiko cacar air, di antaranya: belum pernah mendapat imunisasi cacar air, belum menerima vaksin cacar air, terutama ibu hamil, berada di tempat umum, seperti di sekolah atau rumah sakit.

“Penyebaran virus melalui kontak langsung dan udara seperti bersin dan batuk. Untuk pencegahan jaga kebersihan dan tingkatkan daya tahan tubuh. Bila perlu lakukan vaksinasi,” kata Desiriana.

Desiriana juga menjelaskan bahwa untuk penderita penyakit cacar air ini tidak ada pantangan makanan. “Gak ada (pantangan yang dimakan-red). Makan makanan yang bergizi aja untuk daya tahan tubuh,” pungkasnya.

Banner IDwebhost

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Update