oleh

Anda Suka Berselfie? Fakta Berbahaya Ini Perlu Diketahui!

LENSAPENA | Selfie, swafoto atau foto narsisis adalah jenis foto dengan cara potret diri yang diambil sendiri dengan menggunakan kamera digital atau telepon kamera. Foto narsis sering dikaitkan dengan narsisisme, terutama dalam jejaring sosial. Di industri hiburan Korea, istilah yang digunakan adalah selca yaitu singkatan dari self camera.

Pose yang digunakan umumnya bersifat kasual, dan diambil dengan menggunakan kamera yang diarahkan ke diri sendiri, atau bisa juga melalui cermin. Objek foto ini biasanya hanya si fotografer atau beberapa orang yang bisa dijangkau oleh fokus kamera.

Nah, bicara soal gaya foto yang saat ini sedang trend, terutama para pengguna media sosial, ternyata ada fakta berbahaya yang patut diketahui. Karena, dengan berselfie orang akan terlalu sering terpapar radiasi cahaya dan elektromagnetik dari ponsel pintar memiliki pengaruh langsung terhadap kulit.

Efek buruk terlalu sering selfie antara lain mempercepat penuaan dini dan keriput pada wajah. Bahkan, radiasi tertentu dari ponsel pintar dapat mengakibatkan iritasi kulit. Para dermatolog sepakat bahwa ponsel pintar dapat merusak kulit wajah dan menghimbau para pengguna ponsel pintar agar berhati-hati dengan hobi selfie-nya. Kebanyakan pengguna ponsel belum menyadari hal ini.

Seperti dilansir The Asianparent Indonesia, Dr. Simon Zoakei, Direktur Medis Linia Skin Clinic di Harley Street, mengatakan bahwa orang yang sering mengambil foto selfie harus waspada, karena cahaya biru yang dihasilkan dari layar ponsel pintar dapat merusak wajah. Ponsel pintar memiliki panjang gelombang radiasi yang berbeda di mana tabir surya tak mampu menangkalnya, sehingga kulit yang terpapar radiasi tersebut lama-lama akan rusak.

Bahkan jika seseorang sering menggunakan ponselnya dengan tangan kanan atau kiri, salah satu sisi wajahnya akan terlihat kusam dan kotor, tergantung sejauh mana banyaknya wajah atau muka yang terkena cahaya dari selfie tersebut.

Beberapa ahli dermatologi meyakini bahwa radiasi elektromagnetik membawa efek buruk pada kulit wajah dengan cara merusak DNA dan mencegah regenerasi kulit secara alami, sehingga kulit mengalami penuaan.

Cahaya pada ponsel pintar memiliki semacam sifat magnetik yang terjadi pada kulit. Medan magnet ini mengubah mineral dalam kulit, namun jika Anda menggunakan krim anti-oksidan, kerusakan DNA dapat dicegah dan kulit wajah terhindar dari pengaruh radiasi ponsel pintar. Para ahli juga menyebutkan bahwa pelembab wajah dan minyak tidak banyak membantu. Scrub adalah cara terbaik untuk menjaga kulit wajah Anda tetap sehat.

Nah, agar kulit wajah tidak cepat keriput dan selalu tetap segar, sebaiknya minta tolong orang lain mengambil foto Anda. Karena, selain cara ini sebagai salah satu bentuk silaturahmi, adalah cara komunikasi yang baik antar indifidu dalam kehidupan sehari-hari.

Banner IDwebhost

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Update