oleh

BPBD Lebak Imbau Masyarakat Waspadai Banjir dan Tanah Longsor

LENSAPENA | Intensitas curah hujan yang cukup tinggi di wilayah Kabupaten Lebak, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat mengimbau masyarakat untuk berhati-hati. BPDB juga mengingatkan bahwa masyarakat untuk mewaspadai banjir dan longsor di daerah tersebut.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Lebak Kaprawi, mengungkapkan bahwa di daerahnya banyak terdapat perbukitan, pegunungan serta aliran sungai, yang juga musim penghujan datang dengan intensitas cukup tinggi rentang terjadi banjir dan tanah longsor.

“Kami mewaspadai bencana banjir dan longsor untuk mengurangi risiko kebencanaan agar tidak menimbulkan korban jiwa,” kata Kaprawi.

Diakuinya, sepanjang dua hari terakhir ini, curah hujan di wilayah tersebut hampir merata dengan kapasitas cukup tinggi. Untuk itu, dalam megantisipasi terjadinya banjir dan longsor, serta tidak menimbulkan banyak korban, kata Kaprawi, pihak BPDB mengoptimalkan relawan untuk tetap siaga.

Berdasarkan data yang dimilikinya, Kaprawi menyebut, banyak sekali masyarakat Kabupaten Lebak yang tinggal di daerah rawan bencana banjir dan longsor, jumlahnya mencapai ribuan kepala keluarga.

“Mereka tersebar di 22 kecamatan antara lain Kecamatan Muncang, Cibeber, Cilograng, Bayah, Panggarangan, Cihara, Cigemblong, Wanasalam, Malingping, Banjarsari, Gunungkencana, Cileles, Cikulur, Warunggunung, Sajira, Cipanas, Lebak Gedong, Cimarga, Bojongmanik, Leuwidamar, Cirinten dan Rangkasbitung,” paparnya.

Untuk mengantisipasi bencana alam itu, lanjut Kaprawi, BPBD Lebak sudah menyampaikan peringatan imbauan kepada aparatur kecamatan, desa, kelurahan dan masyarakat. Imbauan itu, diharapkan masyarakat berperan aktif untuk mewaspadai bencana alam tersebut.

“Kami mengapresiasi partisipasi masyarakat untuk kewaspadaan bencana alam cukup tinggi sehingga tidak ditemukan warga menjadi korban jiwa,” katanya.

Dikatakannya, berdasarkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Serang menyatakan pergantian tahun baru dipastikan curah hujan cukup tinggi disertai angin kencang.

Peluang hujan berpotensi terjadi pagi, siang, sore, malam hingga dinihari.

“Kami minta warga yang tinggal di lokasi rawan bencana jika hujan melebihi lima jam sebaiknya mengungsi ke tempat yang lebih aman untuk mengantisipasi bencana banjir dan longsor,” pungkasnya.

Banner IDwebhost

Komentar

News Update