oleh

Ceplukan, Tumbuhan Liar Ini Ternyata Memiliki Banyak Manfaat

LENSAPENA | Ceplukan, ciplukan atau dengan bahasa ilmiah physalis angulata adalah nama sejenis buah kecil, yang ketika masak tertutup oleh perbesaran kelopak bunga. Di beberapa daerah buah ini dikenal juga dengan sebutan cecenet atau cecendet, nyurnyuran, dan kopok-kopokan.

Nah, bicara soal buah alam yang banyak tumbuh liar di daerah-daerah pedesaan ini, ternyata memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan manusia. Apa saja manfaat buah ciplikan ini, berikut lensapena.id melansir dari berbagai sumber 16 manfaat buah cepulkan bagi kesahatan manusia.

1. Mengobati kencing manis
Kencing manis atau diabetes merupakan salah satu penyakit yang paling ditakuti. Cara menggunakannya yaitu, rebus batang dan akar dari buah Ciplukan, kemudian minum tiga kali sehari.

2. Sebagai obat asma
Pengaplikasian ciplukan sebagai obat asma juga tergolong mudah. Ambil daun dan batang dari buah ciplukan, rebus dan minum air rebusan tersebut. Atau ambil daunnya, kemudian campur dengan kapur sirih lalu dihancurkan dengan menggunakan kedua telapak tangan. Kemudian basahkan dengan air. Setelah itu gumpalkan pada telapak tangan sehingga keluar air berwarna hijau keputih-putihan serta buih. Oleskan pada bagian dada, perut, dan punggung.

3. Menyembuhkan penyakit jantung
Salah satu khasiat buah ciplukan adalah mengobati gangguan jantung. Caranya cukup mudah, ambil 40 helai daun ciplukan dan hancurkan dengan blender seperti jus, kemudian minum tanpa campuran apa-apa. Selain dibuat seperti jus, daunnya juga bisa kita makan langsung, tapi pastikan sudah dicuci bersih dulu, ya?.

4. Menurunkan demam
Nggak hanya daun, buah ciplukan juga bisa dikonsumsi untuk menurunkan demam atau panas terutama pada anak-anak.

5. Menurunkan tekanan darah tinggi
Buah ciplukan juga mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Caranya dengan meminum air rebusan daun, buah dan akar selama tiga minggu berturut-turut.

6. Mengobati penyakit kurap
Penyakit kurap memang mengganggu. Selain membuat nggak nyaman juga merusak penampilan jika terjadi pada bagian tubuh yang terbuka. Untuk mengobatinya cukup hancurkan daun dari buah ciplukan dan oleskan pada bagian kulit yang terkena kurap.

7. Mengobati kanker payudara
Kanker payudara mungkin terdengar sebagai penyakit yang mengerikan. Tapi buah ciplukan ternyata juga bisa menyembuhkan penyakit ini. Caranya, pucuk yang muda dicampur dgn empat biji beras dan tunas kunyit. Kemudian digiling dengan parutan kelapa sampai lumat. Setelah itu ramuan tadi langsung ditempelkan pada payudara.

8. Menghilangkan kuning pada bayi yang baru lahir
Buah ciplukan juga dapat menghilangkan kuning pada bayi yang baru lahir. Caranya, ciplukan di jemur hingga kering, kemudian digunakan untuk mandi pada bayi yang baru lahir.

9. Menyadarkan orang pingsan
Ambil akarnya dan bakar. Kemudian abunya dicampur dengan kapur sirih. Setelah itu campurkan dengan sedikit minyak kelapa, dan oleskan pada kepala orang yang sedang pingsan.

10. Mengobati stroke
Meminum dan memakan bagian-bagian dari buah ciplukan secara rutin juga dapat membantu mengobati penyakit stroke lho.

11. Menambah kecerdasan
Buah ciplukan yang dicampur air, jeruk nipis, dan sedikit gula selain nikmat ternyata juga dapat meningkatkan kecerdasan anak.

12. Menghilangkan sakit persendian
Caranya cukup mudah, campur daun dengan kapur sirih kemudian tempelkan pada persendian yang sakit.

13. Menurunkan kolesterol
Bagian dari buah ciplukan ternyata juga bisa menurunkan kolesterol lho. Caranya makan daun dari buah ciplukan dua helai tiga kali sehari.

14. Penawar racun
Semua bagian dari buah ciplukan ternyata bisa dikonsumsi sebagai penawar racun.

15. Untuk tambah darah
Buah ciplukan juga dapat mengobati kekurangan darah atau anemia. Pengaplikasiannya yaitu dengan cara memasak batang dari buah ciplukan, kemudian minum ari rebusannya.

16. Membersihkan kencing kotor
Cukup dengan minum air rebusan dari akar sampai pucuk buah ciplukan.

Namun perlu diingat, walaupun buah ciplukan ini memiliki khasiat yang luar biasa, tetapi jangan mengonsumsinya bersamaan dengan kopi! Karena konon malah dapat menyebabkan keracunan.

Banner IDwebhost

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Update