oleh

DLHK Bersihkan Pulau Sampah di Bantaran Sungai Cisadane

LENSAPENA | Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Tangerang mengangkut sekitar 700 ton sampah yang tertimbun puluhan tahun di Bantaran Sungai Cisadane, Kampung Kebon Miring Desa Pangkalan, Kecamatan Teluk Naga, Kabupaten Tangerang, Senin, 16 Desember 2019.

Diketahui sampah yang tertimbun di bantaran sungai bagaikan pulau sampah yang beberapa waktu lalu sempat viral dan menjadi isu Nasional ini diduga berasal limbah Bandara: seperti Angkasa Pura II, Pantai Indah Kapuk, dan Mall yang berada di DKI Jakarta, dan dikelola oleh oknum vendor yang tidak bertanggung jawab.

Dari limbah yang tertimbun ini, menjadi salah satu sumber munculnya gundukan sampah yang menggunung di Muara Sungai Cisadane, tepatnya di Desa Tanjung Burung dan viral dengan sebutan pulau sampah.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Tangerang, Ahmad Taufik mengatakan bahwa selain di Bantaran Sungai Cisadane, sampah yang dibersihkan juga terdapat di Desa Pangkalan, Kampung Melayu Barat dan Tanjung Burung.

Pihaknya menindaklanjuti dengan melibatkan baik dari TNI, organisasi kepemudaan, pihak kecamatan dan desa serta seluruh unsur elemen masyarakat lainnya.

“Dengan volume sampah yang besar ini tidak cukup dengan satu minggu, mungkin lebih dari dua minggu bisa selesai,” tandasnya.

Ia menyebut bahwa sampah ini berasal dari berasal dari Bogor yang melewati Kota Tangerang Selatan dan Kota Tangerang. Setelah itu Kabupaten Tangerang yang menjadi titik akhir pembuangan sampah.

“Kita libatkan 30 kendaraan yang terdiri dari truk pengangkut sampah dan eksavakator,” tutupnya.

Banner IDwebhost

Komentar

News Update