oleh

HUT 47 dan Rakernas I PDI Perjuangan: Perkuat Jati Diri Kebudayaan Nasional

LENSAPENA | Hari Ulang Tahun PDI Perjuangan Ke-47 akan dibarengi dengan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I pada 10 hingga 12 Januari 2020 mendatang. Rakernas I tersebut akan diikuti oleh 4,731 peserta yang mewakili tiga pilar partai: struktural, eksekutif dan legislatif partai.

Sekjen DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, dalam Siaran Pers-nya, Rabu 11 Desember 2019, menjelaskan bahwa Rakernas diawali dengan mengangkat akar dan sejarah peradaban Nusantara melalui jalur rempah, kekayaan spiritualitas bangsa, flora dan fauna sebagai kekayaan hayati Nusantara yang berperan penting di dalam membentuk peradaban Nusantara, hingga menggali sumber pangan, bumbu-bumbuan, dan obat-obatan khas Nusantara, yang dikaji dengan menempatkan riset dan inovasi sebagai hulu dalam merancang jalan kemakmuran bangsa.

Hasto juga memaparkan, tema Rakernas I adalah, “Solid Bergerak Mewujudkan Indonesia Negara Industri Berbasis Riset dan Inovasi Nasional”, dengan sub tema, “Strategi Jalur Rempah dalam Lima Prioritas Industri Nasional untuk Mewujudkan Indonesia Berdikari”.

“Kelima industri yang akan dibahas, menurut Hasto, mencakup lima bidang prioritas kesejahteraan rakyat, yaitu bidang pangan, sandang dan papan: bidang pendidikan dan kesehatan: bidang lapangan kerja, sosial dan jaminan sosial: bidang infrasgtruktur dan lingkungan hidup dan bidang mental serta rohani, yaitu agama, kepercayaan dan kebudayaan,” papar Hasto Kristiyanto.

Melalui HUT Partai, terang Hasto, PDI Perjuangan menyadari tanggung jawabnya sebagai Partai Pemenang dua kali berturut-turut; tanggung jawab terhadap masa depan dan tanggung jawab untuk merumuskan pokok-pokok Haluan Negara dengan mengedepankan riset dan inovasi Nasional.

“PDI Perjuangan menyadari bahwa pembahasan haluan negara bukan sekadar langkah politik, namun jalan kebudayaan yang berakar kuat dengan sejarah peradaban bangsa, tapi visioner karena mencakup pandangan 25 tahun, 50 tahun, hingga 100 tahun, serta membumi pada kehendak rakyat Indonesia. Karena itulah hal-hal yang berkaitan ekonomi rakyat terkait pangan, obat-obatan yang berakar pada kekayaan hayati bangsa, rempah-rempah, aromatherapic, hingga bumbu-bunbuan dan kekayaan laut Nasional akan dibahas dengan kedepankan riset dan inovasi melalui pendekatan komprehensif dari hulu-hilir,” katanya.

Peringatan HUT 47 dan Rakernas I PDI Perjuangan tersebut, kata Hasto, nantinya akan ditutup dengan malam kebudayaan sebagai komitmen Partai di dalam program nation and character building yang berdiri kokoh pada kebudayaan otentik bangsa.

Banner IDwebhost

Komentar

News Update