oleh

Kades dan BPD dari Tapanuli Utara Belajar BUM-Des di Kecamatan Panongan

LENSAPENA | Desa Rancaiyuh dan Desa Serdang Kulon, Kecamatan Panongan, Kabupaten Tangerang dipilih menjadi obyek study bandeng tentang pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUM-Des) oleh para Kades dari Daerah Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara.

Pantauan lensapena.id, rombongan Kepala Desa (Kades) dan BPD dari Kecamatan Kecamatan Simangumban, Kabupaten Tapanuli Utara, datang ke wilayah Kecamatan Panongan pada Jumat 13 Desember 2019. Pada saat tiba di Desa Serdang Kulon, rombongan dari Kabupaten Tapanuli Utara ini disambut oleh Pjs Saripudin dan Sekdes Mamih. Sedangkan di Desa Rancaiyuh diterima langsung oleh Kepala Desa tersebut, Suherman.

Nandang Mardiansyah, salah satu tokoh pemuda Panongan yang menjadi pemandu rombongan tersebut mengungkapkan, dengan dijadikannya dua desa tersebut sebagai obyek study banding, berarti desa tersebut dinilai telah berhasil dalam pengelolaan BUM-Des.

“Alhamdulillah, dua desa di Kecamatan Panongan menjadi obyek study banding. Itu artinya, pengelolaan BUM-Des di dua desa ini, yaitu Desa Serang Kulon dan Desa Rancaiyuh dinilai bagus dalam pengelolaan BUM-Desnya,” ujar Nandang Mardiansyah.

Ketua APDESI dari Kabupaten Tapanuli Utara, Gabarudin Sormin, menjelaskan, study banding di wilayah Kabupaten Tangerang ini selama kurang lebih satu minggu. Selain melakukan study banding ke beberapa desa di wilayah Kabupaten Tangerang, kata Gabarudin, pihaknya juga mengunjungi beberapa tempat wirausaha di daerah berjuluk Kota Seribu Pabrik tersebut.

Ia juga mengaku, banyak sekali hal menarik yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh ketika ia kembali ke daerahnya. Tidak sekadar ilmu, tapi juga jaringan usaha, yang nantinya bisa menjadi mitra dalam mengembangkan BUM-Desa di daerahnya. Salah satunya adalah ketika berkunjung ke salah satu sentra pembuatan sepatu di Asosiasi Pengrajin Tangerang (APTA).

Selain membeli produk sepatu bermerek SABA, Gabarudin juga ingin bermitra untuk ikut mengembangkan produk tersebut di daerahnya.

Banner IDwebhost

Komentar

News Update