oleh

Kurangi Sampah Plastik, Kayu Jati Disulap Menjadi Toples Cantik

LENSAPENA | Banyaknya produk serba plastik dan beling yang berpotensi menambah semakin banyaknya sampah yang sulit terurai, menjadikan sosok Maryono untuk terus berinovasi. Lewat kepiawaian tangannya dalam menggeluti dunia ukir, Maryono menyulap kayu-kayu jati menjadi berbagai produk dan peralatan rumah tangga yang keren.

Salah satunya adalah toples cantik. Toples-toples yang terbuat dari kayu jati tersebut, dibuat dengan berbagai bentuk: mulai dari bentuk buah belimbing, durian dan lain sebagainya. Tak hanya toples cantik, kayu-kayu jati di tangan Maryono tersebut juga dibentuk menjadi tempat air, jam, miniatur berbagai otomotif dan pajangan lainnya.

“Memang kita membuatnya semua menggunakan kayu jati,” ujar Maryono saat ditemui dalam sebuah acara pameran di Pusat Pemerintahan Kabupaten (Puspemkab) Tangerang, Selasa 24 Desember 2019.

Pria yang sudah sejak puluhan tahun menggeluti kerajina ukur Jepara ini mengaku, sengaja memanfaatkan kayu-kayu jati sebagai bahan kerajinan dan prabotan rumah tangga, yaitu untuk mengurangi sampah plastik di Indonesia.

“Selain klasik, prabotan dari kayu ini kan ramah lingkungan. Selain itu, ukiran kayu semacam ini juga memiliki nilai estetika yang tinggi,” katanya.

Maryono juga berharap, agar masyarakat lebih mencintai produk lokal yang ramah lingkungan. Karena, selain ikut menjaga kelestarian alam dan lingkungan, secara ekonomi juga ikut membangun perekonomian masyarakat, terutama para pelaku IKM.

Banner IDwebhost

Komentar

NEWS UPDATE