oleh

Sepanjang Tahun 2019, Kasus Kejahatan di Jakarta Barat Menurun

LENSAPENA | Polres Metro Jakarta Barat mengungkap kasus sepanjang 2019. Dalam ungkap tersebut untuk kasus kejahatan di Jakarta Barat menurun dibandingkan tahun sebelimnya.

Hal itu dikatakan Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Hengki Haryadi saat Konferensi Pers di halaman Polres Metro Jakarta Barat, Senin 30 Desember 2019.

“Artinya kejahatan tahun ini menurun 7 persen dibandingkan tahun lalu,” kata Hengki Haryadi saat rilis akhir tahun di Mapolres Metro Jakarta Barat.

Sementara dari total kasus kejahatan menurun di tahun 2019 tercatat sebanyak 1.743 kasus. Sedangkan catatan di tahun 2018 meningkat hingga 1.870 kasus.

Meskipun begitu, Hengki menyebut, peningkatan tahun ini tercatat dalam pengungkapan kasus atau Crime Clearance.

“Untuk total kasus yang kami ungkap sepanjang tahun ini ada sebanyak 1.988 kasus atau meningkat 18%. Sementara di tahun 2018 hanya 687 kasus,” sambungnya.

Hengki mengatakan, meningkatnya kasus yang terungkap tahun ini di Jakarta Barat disebabkan dua kerusuhan besar, yakni, kerusuhan menolak hasil pilpres pada 21-22 Mei dan unjuk rasa RKUHP pada 23-26 September 2019.

“Untuk klaim crime tahun ini turun hingga 7 persen, tapi crime clearance naik 18 persen. Perbandingan itu terjadi dalam kerusuhan besar pada bulan Mei dan September 2019 dengan jumlah tersangka yang kami amankan sebanyak 600 orang,” ujarnya.

Sejauh ini, lanjut Hengki, tindakan represif yang dilakukan pihaknya seiring dengan dua tindakan pencegahan, baik preemtif atau preventif.

“Pola kami kedepankan preventif dan preemtif tidak lepas dari peran masyarakat, tokoh ulama atau kalangan kampus serta bersinergi dengan TNI dan Pemerintah,” tutupnya.

Banner IDwebhost

Komentar

News Update