oleh

Sudinhub Jakarta Barat, Tekan Angka Kemacetan Melalui Operasi Cabut Pentil

LENSAPENA | Macet menjadi salah satu persoalan paling pelik di wilayah Jakarta Barat. Penyebabnya, diantaranya adalah karena semakin banyaknya kendaraan yang kian hari kian bertambah, dan memadati jalan raya di kota tersebut.

Bertambahnya jumlah kendaraan ini juga tidak sebanding dengan ruas jalan yang itu-itu saja. Belum lagi kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas, serampangan di jalan raya, serta memarkirkan kendraan di sembarang tempat seperti trotoar-trotoar jalan dan tempat yang berpotensi menyebabkan kemacetan lainnya.

Melihat kondisi ini, Suku Dinas Perhubungan (Sudinhub) Jakarta Barat terus berupaya untuk menekan angka kemacetan di Kota Metropolitan tersebut. Salah satunya adalah dengan menggelar Operasi Cabut Pentil (OCP) terhadap kendaraan yang berparkir di sembarang tempat. Operasi Cabut Pentil ini digelar di Jalan Labu, Kelurahan Mangga Besar, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat, Senin 9 Desember 2019.

Kepala Seksi Operasional (Kasiops) Sudinhub Jakarta Barat (Sudinhub Jak-Bar) Wildan Anwar, menjelaskan, operasi tersebut melibatkan pihak Satpol PP dengan sasaran kendaraan yang parkir di bahu jalan.

Diakuinya, dalam operasi tersebut petugas sempat mendapat protes oleh pengendara yang melanggar.

“Operasi kali ini sempat terjadi cekcok mulut dengan pengendara yang tak terima kendaraanya ditertibkan. Mereka merasa parkir di sini sudah mendapat izin dari juru parkir liar, yang ternyata pergi begitu saja saat penertiban berlangsung,” ujar Wildan Anwar.

Meski mendapat protes, kata Anwar, 12 Personel gabungan dari Sudinhub dan Satpol PP tetap menertibkan kendaraan yang melanggar, sambil mengimbau dan memberikan penjelasan kepada pelanggar tentang pentingnya menjaga kelancaran berlalu lintas.

Sementara itu, Kepala Satuan Tugas Polisi Pamong Praja (Kasatgas Pol PP) kelurahan Mangga Besar, sopian, mengatakan bahwa sebelum dilakukan penertiban pihaknya terlebih dulu mengimbau dan mensosialisasikannya kepada masyarakat, terutama yang memiliki kendaraan dan memarkirkannya di atas trotoar.

“Salah satu penyebab kemacetan kendaraan yaitu banyaknya kendaraan yang parkir di bahu jalan atau di atas trotoar. Maka itu, kita lakukan penertiban agar dapat mengatasi kemacetan tersebut,” katanya.

Komandan Unit Tindak Satpelhub Kecamatan Taman Sari, Muhammad Fredy Firmanto menambahkan, penindakan kendaraan yang melanggar ini dilakukan setelah pihaknya menerima keluhan warga. 

“Penindakan ini kita lakukan berdasarkan aduan dari pengendara yang resah ketika perjalanan di waktu pagi dan sore sering terhambat oleh kendaraan roda dua yang markir sembarangan di lokasi tersebut,” papar Muhammad menambahkan.

Bahkan, kata dia, para pelanggar lantas tidak menghiraukan papan rambu larangan meski terpampang jelas di lokasi razia. Dari hasil OCP petugas berhasil menindak 10 kendaraan roda dua yang parkir tidak pada tempatnya.

Banner IDwebhost

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Update