oleh

Syair Lagu Sonnya Josz Banyak Mengangkat Problem Sosial Kaum Kecil

LENSAPENA | Buat penggemar campursari pasti kenal dengan sosok yang satu ini, yaitu Sonny Josz, pelantun tembang Sri Minggat. Pria berambut gondrong ini namanya mulai meroket pada awal tahun 2000-an, yaitu ketika ia membawakan campursari koplo dengan tembang Sri Minggat. Lewat tembang itu pula, Sonny Josz sempat berkeliling ke beberapa negara seperti Suriname, Jepang, Hongkong dan Korea.

Saat ditemui dalam sebuah acara di Tigaraksa-Tangerang, Sonny mengaku, tembang-tembangnya memang banyak berkisah tentang kehidupan sosial yang banyak dialami oleh sebagian masyarakat. Seperti lagi Sri Minggat sendiri, syair lagi ini menggambarkan seseorang laki-laki yang ditingglkan oleh isterinya entah pergi kemana. Dalam lagu ini pula, sang pria mengungkapkan kesedihannya dalam penantian isterinya yang tidak diketahui di mana rimbanya itu.

Begitu pun dalam lagu Wong Ndeso, Sumi-sumi, Terminal Madiun-Ngawi, Nelongso, Kuli Bangunan serta tembang-tembang campursari lainnya. Dengan kepiawaiannya dalam mengolah vokal, serta actingnya yang begitu menjiwai dalam setiap video klipnya, menunjukkan bahwa Sonny Josz memang benar-benar mengerti apa yang dialamai oleh kaum kecil dalam setiap tokoh syair lagu yang dilantunkan.

“Kalau tentang cinta anak gedongan sudah biasa, dan banyak. Tapi kalau tentang kisah-kisah problem masyarakat kecil, ini kan bisa menyadarkan diri kita bahwa masih ada kehidupan yang lain, selain gemerlapnya kehidupan. Dari situ pula kita bisa belajar bagaimana kita harus hidup,” ujar Sonny Josz.

Dan, bagi masyarakat kecil, syair tembang-tembang Sonny Josz juga banyak mewakili kisah dalam kehidupannya. Seperti tembang Wong Ndeso, misalnya. Dalam syair tembang ini, dikisahkan seorang pria anak petani ndeso dan bersahaja yang menjalin cinta dengan anak seorang lurah yang kaya raya. Pada tembang ini pula, sang pria yang hanya orang biasa itu lebih mengintrospeksi dirinya, dan menyarankan agar kekasihnya yang anak orang kaya itu untuk berpikir lebih jauh lagi jika ingin mencintainya.

Banner IDwebhost

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Update