oleh

Banjir di Jakarta, Motor Masuk Tol dan Ganjil-Genap Sementara Tidak Berlaku

LENSAPENA | Banjir terjadi di hampir setiap wilayah di Jakarta. Akibatnya, banyak rumah warga yang terendam banjir. Tak hanya itu saja, jalanan pun tergenang air. Sehingga arus lalu lintas di Kota Metropolitan tersebut terganggu. Bahkan, untuk menghindari debit air di jalan raya yang cukup tinggi, kendaraan roda dua pun banyak yang masuk lewat jalur tol.

Melihat kondisi ini, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mengambil kebijakan bahwa pada hari Kamis 2 Januari 2020, kendaraan berplat nomor ganjil bebas melintas di 25 titik, di kawasan DKI Jakarta meskipun pada tanggal genap. Dikutip dari laman resmi Twitter @TMCPoldaMetro tidak memberlakukan ganjil-genap pada Kamis, 2 Januari 2020.

Saat meninjau banjir di Pintu Air Manggarai, Rabu 1 Januari 2020 malam, Gubernur DKI Jakarta Anie Baswedan, mengungkapkan bahwa melihat kondisi masih banyaknya jalanan yang tergenang air, pemberlakukan ganjil-genap pada 2 Januari 2019, tidak diberlakukan.

“Kebijakan ganjil genap memang besok ditiadakan karena kita menyadari sebagian kawasan-kawasan yang ada di Jakarta itu belum tentu bisa dilewati oleh masyarakat,” kata Anies Baswedan.

Ia juga mengungkapkan, pembebasan pemberlakukan ganjil genap untuk semenatar ini, kata Anies, bisa saja diberlakukan pada hari berikutnya jika memang kondisi proses perbaikan atau pun pemulihan fasilitas-fasilitas umum di Jakarta belum selesai.

Melihat kondisiini pula, Anies menyarankan agar masyarakat menggunakan kendaraan umum dibandingkan membawa kendaraan pribadi. Karena masih banyak daerah yang terdampak banjir dan mengalami kelumpuhan jalur lalu lintas.

Banner IDwebhost

Komentar

News Update