oleh

PDI Perjuangan dan Basna Meninjau Titik Jebolnya Tanggul Sungai Cisadane

LENSAPENA | Jebolnya tanggul Sungai Cisadane di Desa Teluknaga, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang yang menenggelamkan desa tersebut, Rabu 1 Januari 2020 lalu, menarik perhatian Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Tangerang, H.Irvansyah.

Untuk memberikan dukungan moril, serta meringankan beban masyarakat yang menjadi korban banjir di desa tersebut, bekerjasama dengan Bamusi Serbaguna (Basna), H. Irvansyah pun meninjau titik lokasi jebolnya tanggul Sungai Cisadane tersebut pada Minggu 5 Januari 2019. Dalam kesempatan ini, ia bersama-sama dengan Basna serta jajaran pengurus DPC PDI Perjuangan juga memberikan bantuan kepada para korban banjir yang sebagian sudah kembali dari pengungsian.

H. Irvansyah, menjelaskan bahwa pihaknya memberikan bantuan berupa makanan, peralatan rumah tangga, peralatan untuk bersih-bersih rumah, handuk, pakaian dalam pria dan wanita, makanan dan perlengkapan bayi, alat penerangan, serta kebutuhan lain yang diperlukan oleh korban pasca bencana banjir tersebut.

Selain itu, ia juga menyumbangkan mesin cuci untuk warga yang hingga saat ini kesulitan mencuci, karena kondisi wilayah yang masih kesulitan air serta tempat yang penuh lumpur.

“Kita berharap, kehadiran kami ini bisa memberikan manfaat untuk saudara-saudara kita yang dilanda bencana. Dengan memberikan apa yang menjadi kebutuhan mereka, ini sangat membantu sekali,” ujar H. Irvansyah.

Ia juga menekankan kepada seluruh kader yang menjadi relawan untuk tidak membeda-bedakan ‘warna’ dalam memberikan pertolongan kepada masyarakat. Tidak boleh pandang bulu, semua harus diberikan pertolongan.

“Meskipun kita dari PDI Perjuangan, tapi saya tekankan kepada seluruh temen-temen relawan, untuk tidak pandang bulu, semua yang membutuhkan pertolongan harus dibantu. Jangan lupa juga untuk tetap berkoordinasi dengan aparatur pemerintahan setempat, seperti Pak Kades dan lain sebagainya,” tegasnya.

Irvansyah juga akan mendorong Komisi IV DPRD Kabupaten Tangerang untuk hadir di masyarakat, dan berkomunikasi dengan OPD terkait agar segera menangani persoalan yang dihadapi oleh masyarakat yang terdampak banjir.

Selain menemui korban bencana banjir dan titik penyebab banjir di Desa Teluknaga, rombongan juga melihat kondisi warga korban bencana yang berada di Desa Pangkalan dan Tanjung Burung.

Hadir dalam kegiatan ini, Anggota Fraksi PDI Perjuangan dari DPRD Kabupaten Tangerang H. Kholid Ismail, H.Supardi, Lisiawati Lase, serta Anggota DPRD Provinsi Banten Indah Rusmiati, Bamusi Serbaguna (Basna), dan jajaran pengurus DPC PDI Perjuangan.

Sementara itu, H.Kholid Ismail yang juga sebagai Ketua DPRD Kabupaten Tangerang, menjelaskan, pihaknya juga membentuk tim relawan untuk membantu masyarakat dalam membersihkan puing-puing, lumpur, serta sampah sisa banjir.

“Semua peralatan seperti cangkul, gerobak sampah, dan peralatan lainnya jangan sampai lupa. Karena target kita adalah bagaimana supaya kondisi masyarakat bisa kembali normal. Apa lagi ini bekas banjir, jangan sampai nanti timbul banyak penyakit dan lain sebagainya,” katanya.

Anggota DPRD Provinsi Banten dari Dapil Tangerang A, Indah Rusmiati menambahkan, pihaknya mengajak seluruh masyarakat dan stakhoulder pemerintah untuk bersama-sama menyelesaikan persoalan ini: baik dalam penanganan pasca banjir, maupun antisipasi ke depan agar kejadian serupa tidak terulang.

“Karena, meski ini adalah bencana alam, namun paling tidak ada cara-cara untuk pencehagan dan antisipasi agar tidak terjadi hal serupa. Misalnya bagaimana agar normalisasi sungai dilakukan, serta memperbaiki tanggul yang jebol agar lebih berfungsi maksimal untuk mengantisipasinya. Atau pola hidup sehat dengan tidak membuang sampah sembarangan di kali. Karena tadi kita juga temukan banyak sampah-sampah,” paparnya.

Banner IDwebhost

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Update