oleh

Tanggul Cisadane Jebol, Indah Rusmiati: Harus Antisipasi Jangan Sampai Terulang

LENSAPENA | Soal banjir dan jebolnya tanggul Sungai Cisadane di Desa Teluknaga, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang pada 1 Januari 2020 lalu, Aggota DPRD Provinsi Banten, Indah Rusmiati, angkat bicara. Menurutnya, meski pun ini adalah sebuah bencana alam, namun menurut Politisi PDI Perjuangan ini, ada beberapa hal yang disebabkan oleh kelalaian manusia.

Apalagi, menurut Indah, hal tersebut juga tidak hanya baru kali ini saja terjadi, namun sudah sering kali. Hanya saja ini adalah yang terparah, karena air naik merendam perumahan warga desa tersebut hingga mencapai lebih dari 120 cm. Untuk itu, kata Indah, perlu melihat dulu duduk persoalannya, lalu diurai, dan ditangani secara serius, agar kejadian serupa tidak terulang kembali.

“Pertama, penyebabnya harus kita tarik mundur dulu, karena ini sering terjadi loh! Yang kedua ada yang menyalahi sepadan pantai, itu belum lebih 12 meter loh. Nah, ini harus ada penertiban. Jadi ada banyak hal di sini. Dan, bencana alam, betul, ujian dari Allah. Tapi semua kembali juga kepada kita. Karena, paling tidak ada cara-cara untuk pencegahan dan antisipasi agar tidak terjadi hal serupa,” ujar Indah Rusmiati, Selasa 7 Januari 2020.

Ia juga mengungkapkan, saat meninjau titik lokasi jebolnya tanggul tersebut beberapa waktu lalu, Indah menyebut bahwa dalam menanangani persoalan ini, semua pihak harus hadir, pemerintah pusat, provinsi, kabupaten dan stakehoulder serta masyarakat secara luas. Karena, kata Indah, tidak hanya persoalan seperti apa kondisi tanggul sungai itu saja, tapi ia juga menemuan banyak sekali sampah, yang menurutnya itu bukan semata-mata ada ketika banjir sudah terjadi.

“Kalau bicara balai besar, itu pusat kewenangannya. Tapi kita enggak melihat itu pusat, provinsi, kabupaten atau kota. Kita sebagai warga negara, kalau melihat begitu harus antisipasi. Misalnya bagaimana agar masyarakat melakukan pola hidup sehat dengan tidak membuang sampah sembarangan di sungai. Karena tadi kita juga temukan banyak sampah-sampah,” bebernya.

Banner IDwebhost

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Update