oleh

Benarkan Ini Penyebab Artis Korea Nekat Bunuh Diri?

LENSAPENA – Bunuh diri adalah sebuah prilaku atau cara untuk menamatkan atau menghilangkan nyawa diri sendiri. Berbagai cara pula orang melakukan hal ini, misalnya dengan cara minum racun, gantung diri, atau cara-cara lain yang bisa mengakibatkan nyawa melayang.

Mengapa orang melakukan bunuh diri, penyebab biasanya kerana enggan berhadapan dengan sesuatu perkara yang dianggap tidak dapat ditangani, atau menghadapi tekanan hidup yang sulit untuk dipecahkan.

Bagi masyarakat Indonesia, menghakhiri hidup dengan cara bunuh diri ini adalah sesuatu yang dilarang, karena dinilai melawan takdir. Sebab kehidupan yang datangnya dari Tuhan, akan kembali kepada Tuhan karena kehendak-NYA, bukan keinginan diri sendiri. Itulah sebabnya di Indonesia aksi bunuh diri ini sangat tidak dibenarkan.

Nah, bicara soal bunuh diri, dari berbagai sumber menyebutkan bahwa di Korea Selatan, kasus semacam ini banyak terjadi. Dilansir dari wikipedia, pada tahu 2012 Korea Selatan menjadi salah satu negara dengan kasus bunuh diri tertinggi diantara negara maju lainnya. Pelaku bunuh diri di Korea Selatan ini pada umumnya dari usia muda, sekitar 10 hingga 30 tahun.

Kasus bunuh diri di Korea Selatan tersebut juga banyak dilakukan oleh orang-orang yang berpendidikan, mempunyai jabatan tinggi, serta mereka yang popularitasnya sedang naik seperti artis dan idol K-pop.

Diambil dari berbagai sumber, tercatat, di tahun 2019, ada beberapa selebritis Korea Selatan yang melakukan bunuh diri untuk mengakhiri hidupnya. Diantaranya:

Jeon Mi Sun

Aktris senior ini meninggal pada tanggal 29 Juni 2019 di salah satu kamar hotel di Jeonju, Provinsi Jeolla Utara, Korea selatan. Diduga meninggalnya Jeon Mi Sun karena bunuh diri.

Woo Hye Mi

Penyanyi Woo Hye Mi ditemukan meninggal pada 21 September 2019, saat polisi tiba di rumahnya di wilayah Mapo, Korea Selatan. Ia meninggal akibat bunuh diri.

Sulli eks f(x)

Kematian Sulli menjadi salah satu insiden paling fenomenal di industri Kpop sepanjang 2019. Sulli ditemukan gantung diri di lantai dua rumahnya, dan ditemukan oleh manajernya pada tanggal 14 Oktober 2019 waktu setempat.
Perempuan bernama asli Choi Jin Ri ini mengaku mengalami tekanan akibat hujatan dari masyarakat dan warganet.

Goo Hara eks KARA

Goo Hara diketahui adalah sahabat Sulli. Selang sebulan dari kematian Sulli, dikabarkan bahwa Goo Hara meninggal di rumahnya di kawasan Cheongam, Seoul pada tanggal 24 November 2019 dengan kasus yang sama bunuh diri. Goo Hara juga disebut-sebut karena mendapatan tekanan hebat dari mantan pacarnya.

Cha In Ha

Tidak lama berselang setelah kematian Goo Hara, penyanyi muda, Cha In Ha juga ditemukan meninggal dunia di kediamannya pada hari Selasa tangga 3 Desember 2019. Diduga Cha In Ha juga mati karena bunuh diri.

Menurut Hwang San-Min, Psikolog di Universitas Yonsei, Seoul, pelaku bunuh diri yang cenderung dilakukan oleh kalangan orang-orang terkenal yang masih muda itu, karena tertekan oleh tuntutan karier dan popularitas.

“Bagi pesohor Korea Selatan, menjadi public figure itu artinya anda harus selalu tampil hebat, cemerlang, dan dipuja-puji,” kata Hwang San-Min.

Bagaimana? Semoga para penggemar idol artis K-Pop atau K-Drama di tanah air tidak ikutan-ikutan mengakhiri hidup seperti artis-artis Korea di atas, ya? Cukup ikuti sisi positif dalam karyanya saja! Dan, menjadi penggemar yang cerdas serta tidak melupakan budaya sendiri.

Banner IDwebhost

Komentar

NEWS UPDATE