oleh

Hore! Petani Holtikultura di Kampung Blukbuk Luwung Panen Kol dan Oyong

LENSAPENA – Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar bersama Presiden Koperasi Syariah Benteng Mikro Indonesia (BMI) memanen sayuran kol dan oyong di Kampung Blukbuk Luwung RT 03/04, Desa Blukbuk Kecamatan Kronjo, Kabupaten Tangerang, Kamis, Februari 2020.

Kol dan oyong yang dipanen ini adalah milik petani holtikultura binaan Koperasi BMI. Di wilayah ini terdapat 4.000 meter persegi pertanian hultikultura dengan komuditas kol, 6.000 meter persegi komuditas oyong, 6.000 meter persegi komuditas timu, dan 7.000 meter persegi komuditas cabai. Semua lahan tersebut terdapat di dataran rendah.

Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar, menjelaskan bahwa wilayah Kronjo dan sekitarnya jika musim kering susah mendapatkan air karena dataran rendah dan sawah tadah hujan. Pun demikian, kata Zaki, untuk mendukung perairan, di wilayah Kronjo telah dibangun pula tandon air. Begitu pun dalam menunjang aksebilitas masyarakat, di Kampung Blukbuk telah dibangun jalan lintas desa melalui TMMD.

“Perekonomian mulai menggeliat, mulai dari akses jalan, pertanian di sini pun kita dukung dengan tandon air yang dibangun oleh Pemkab Tangerang,” ujar Ahmed Zaki Iskandar.

Zaki juga mendorong agar sektor pertanin holtikultura di wilaya Kronjo harus digalakkan. Dan, panen kali ini menurut Zaki bahwa bukti bahwa sektor pertanian holtikultura di wilayah tersebut sangat potensial.

“Saya berharap, sektor pertanian holtikultura terus digalakan untuk wilayah Kronjo yang telah terbukti seperti kol, cabe dan oyong bisa dipanen lebih cepat,” katanya.

Presiden Koperasi Syariah BMI Kamarudin Batubara, mengunhkapkan, untuk komuditas oyong yang dipanen oleh petani binaannya ini mencapai 1 ton.

“Kami memberikan pendampingan penyuluh pertanian, hingga saat ini panen mencapai 1 ton untuk komoditas oyong,” tandasnya.

Banner IDwebhost

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Update