oleh

9 ODP COVID-1 Lakukan Swab Tes di Labkesda Kota Tangerang

LENSAPENA – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang melalukan pengambilan sampel Swab Test bagi Orang Dalam Pantauan (ODP) Corona Virus Disease (COVI-19) di UPT Laboratorium Kota Tangerang, Kamis 2 April 2020 sekitar pukul 14:00 WIB. Pengambilan sampel ini dilakukan secara tertutup tanpa diketahui khalayak.

Pantuan wartawan di lokasi, terdapat sekitar 5 petugas langkap dengan Alat Pelindung Diri (APD). Masing-masing bertugas, 2 orang berjaga, sementara sisanya mengambil sampel ODP.

Pengambilan sampel dilakukan dengan 2 cara. Pertama di dalam mobil (Drive Thru). Berikutnya dilakukan langsung di dalam Laboratorum oleh Petugas Dinkes. Terhitung ada 3 ODP yang diambil sampelnya melalui mobil. Pengambilan sampel tersebut dijaga ketat oleh petugas dan dilakukan steril. Sedangkan lainnya di dalam Laboratorium.

Menurut salah satu petugas UPT Labkesda Kota Tangerang, Dani, terdapat 9 ODP yang diambil sampelnya. Sampel yang berupa air liur dan cairan hidung kemudian akan dikirim oleh Dinkes ke Balai Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Litbangkes) untuk di swab melalui Polymerase Chain Reaction (PCR).

“Ada 9. Disini (UPT Labkesda Kota Tangerang-red) hanya untuk ambil sampel saja. Yang menentukan pusat karena di sini (UPT Labkesda Kota Tangerang) gak punya alatnya (PCR-red) yang menentukan pusat,” ujarnya kepada media.

Dia mengatakan 9 orang yang dites berstaus ODP. Yaitu mulai dari petugas medis yang menangani Pasien Dengan Pantauan (PDP), serta masyarakat yang mengeluhkan gejala COVID-19 atau keluarga dari pasien yang positif.

“Ada dokter juga tadi. Masyarakat juga ada, karena mengeluhkan gelaja itu (COVID-19),” kata Dani.

Dia menjelaskan usai diambil sampelnya, para ODP diimbau untuk mengkaratina mandiri di rumahnya sampai hasil tes diketahui.

“Sekitar 1 minggu,” lanjut Dani menambahkan.

Pengambilan Sampel kata Dani dilakukan secara berskala, dan akan dilakukan kembali. Namun dia tak mengetahui waktu tepatnya. Ini merupakan kali kedua Dinkes mengambil sampel ODP untuk di Swab di UPT Labkesda Kota Tangerang.

Banner IDwebhost

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Update