oleh

Pemkab Tangerang Siapkan Lahan 3 Ribu Meter Persegi untuk Korban COVID-19

LENSAPENA – Dalam melawan pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), berbagai upaya dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang. Dengan harapan, virus yang hingga saat ini belum ditemukan vaksin dan obatnya tersebut segera selesai.

Terkait penanganan COVID-19 sendiri, selain menyediakan rumah sakit rujukan serta menambah ruang untuk perawatan pasien, Pemkab Tangerang juga telah menyiapkan lahan seluas 3 ribu meter persegi sebagai tempat pemakaman korban COVID-19 yang meninggal. Lahan pemakaman korban COVID-19 ini terletak di Desa Buniayu, Kecamatan Sukamulya, Kabupaten Tangerang.

“Luas lahan untuk pemakaman korban COVID-19 di sediakan 3000 meter persegu untuk lebih kurang 1600 lubang makam di TPU Buni Ayu,” ujar Iwan Firmansyah selaku Kepala Dinas Perumahan, Pemukiman dan Pemakaman Kabupaten Tangerang.

Ia juga menjelaskan, khusus di TPU Buniayu ini, pihaknya telah menunjuk 8 orang yang spesialis untuk menguburkan korban COVID-19.

Dikatakan pula, saat ini jumlah korban COVID-19 yang telah dimakamkan di TPU Buni Ayu sebanyak 28 orang, yaitu bestatus PDP. Namun, ada 6 orang lagi korban COVID-19 yang meninggal dan dimakamkan di TPU lain, yaitu milik Pemkab Tangerang dan tanah wakaf.

“Kalau sampai hari ini jenazah PDP COVID-19 semuanya berjumlah 34 orang, dengan rincian di TPU Buniayu 28 orang dan diluar TPU Buniayu ada 6 orang,” kata Iwan Firmansyah.

Mengenai kesiapan perlengkapan penguburan korban COVID-19, mulai dari penyediaan peti mati, alat pelindung diri (APD ) petugas pemakaman dan operasional, kata Irwan, saat ini stok peti mati tersisa 8 buah, perlu persiapan penyediaan. Selain itu, juga perlu persediaan APD. Sedangkan untuk pembiayaam sendiri, menurut Irwan, saru jenazah biayanya mencapai Rp5 juta hingga Rp6 juta, dengan rincian untuk biaya gali kubur, peti mati, ambulans dan lainnya.

Pun demikan, meskipun telah menyiapkan lahan ribuan meter persegi, Pemkab Tangerang berharap, pandemi COVID-19 segera usai, dan isi makam khusus korban COVID-19 ini jumlahnya tidak bertambah.

“Marilah kita tetap berdoa agar bencana COVID-19 ini cepat berlalu, dan Allah tetap melindungi Kabupaten Tangerang dari penyebaran COVID-19,” tandasnya.

Untuk diketahui, saat ini Pemkab Tangerang memiliki sebanyak 91TPU. Dari jumlah tersebut, yang sudah siap dan sudah aktif terisi sebanyak 61 TPU dengan jumlah total petugas pemakaman sebanyak 61 orang.

Banner IDwebhost

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Update