oleh

Pencarian Korban Tenggelam di Danau Bekas Galian Pasir Kembali Dilakukan

LENSAPENA | Upaya pencarian korban tenggelam di danau bekas galian pasir di Kampung Pulo, Desa Bitung Jaya, Kecamatan Cikupa, Kabupaten Tangerang, kembali dilakukan, Rabu 3 Juni 2020 pagi. Tim SAR dari Basarnas memulai pencarian sekitar pukul 07:00 WIB.

Petugas SAR dari Basarnas yang ikut dalam pencarian, Ryan Christian, menjelaskan, sebanyak 30 personil diterjunkan dalam upaya pencarian tersebut.

“Saat ini Tim SAR gabungan kurang lebih sekitar 30 personil,” ujar Ryan Christian.

Sebelumnya, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta selaku SAR Mission Coordinator (SMC), Hendra Sudirman, menjelaskan bahwa pihaknya telah menerjunkan Tim SAR dan melakukan koordinasi dengan unsur yang ada di lapangan untuk menentukan area pencarian terhadap korban.

Menurutnya, tim SAR gabungan membagi area pencarian menjadi tiga, dimana pada SRU pertama melakukan penyelaman di sekitar lokasi kejadian hingga radius 10 M, SRU kedua melakukan penyisiran menggunakan rubber boat mengelilingi galian pasir, kemudian SRU ketiga melakukan pencarian visual mengelilingi galian pasir.

Adapun unsur-unsur yang tergabung dalam Tim SAR gabungan yang dikerahkan untuk melakukan pencarian terhadap korban, kata Hendra, terdiri dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta, BPBD Kabupaten Tangerang, Damkar Kabupaten Tangerang, Satpol PP, keluarga korban, dan masyarakat sekitar.

Upaya pencarian malam haru pun sempat dilakukan, namun karena kondisi cuaca, hujan deras, pencarian dengan cara penyelaman dihentikan. Pencarian hanya dilakukan dengan pengamatan secara visual di sekitar lokasi kejadian.

Untuk diketahui, korban tenggelam adalah Ramadhan alias Ama, warga Kampung Cirewed RT 02/01 Desa Sukadamai, Kecamatan Cikupa, Kabupaten Tangerang yang sedang main, berenang dan mandi di danau yang lokasinya tepat berada di belakang pabrik Torabika tersebut. Korban tenggelam setelah bermain-main dan terjun dari atas pohon ke danau bekas galian tempatnya bermain.

Banner IDwebhost

Komentar

NEWS UPDATE