oleh

Ratusan Orang Ikuti Rapid Test Gratis oleh Ciputra Hospital Citra Raya Tangerang

LENSAPENA | Lebih dari 900 orang mengikuti Rapid Test Drive Thru Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) yang diselenggarakan oleh Ciputra Hospital Citra Raya Tangerang. Peserta rapid test ini terdiri dari berbagai kelompok masyarakat dan umum di wilayah Tangerang yang sudah mendaftarkan secara online sebelumnya.

Manager Marketing Ciputra Hospital Citra Raya Tangerang, dr. Tony Suwandy menjelaskan, kegiatan ini digelar selama lima hari sejak Selasa 2 hingga Sabtu 6 Juni 2020. Ia juga mengatakan, pada hari terakhir ini, terdapat lebih dari 460 peserta yang mengikuti rapid test drive thru gratis tersebut.

“Hari ini ada sekitar 460 peserta lebih. Tapi total dari sejak hari pertama, Selasa 2 Juni 2020 kemarin, ada sekitar 900 lebih,” ujar dr. Tony Suwandy kepada lensapena.id.

Dikatakan pula, hasil rapid test cepat ini bisa dilihat hasilnya sekitar 15 hingga 20 menit. Namun secara keseluruhan, hasil test akan diinformasikan kepada peserta melalui nomor WhatsApp atau handphone peserta yang telah didaftarkan saat registrasi awal.

“Sebenarnya lima belas sampai dua puluh menit hasilnya sudah bisa dilihat. Tapi, semua diinformasikan kepada peserta lewat nomor HP atau WhatsApp yang didaftarkan saat registrasi online,” katanya.

Menurutnya, pemeriksaan rapid tes bukanlah suatu diagnostik terhadap penyakit COVID-19, namun hanya suatu screening. Kesimpulan yang dapat diambil dari pemeriksaan rapid tes adalah reaktif dan non reaktif (bukan positif atau negatif-red), sehingga perlu dikonfirmasi dengan swab bila hasil rapid reaktif, dan bila hasil rapid non reaktif maka diulang 7 sampai dengan 10 hari kemudian.

Tony juga mengimbau, bila hasil rapid test reaktif, tidak perlu panik. Dari situlah, perlu dilakukam swab test untuk memastikan apakah COVID-19 atau bukan.

Eastate Manager PT Ciputra Residence, Fransiscus Yohanes, ditemui di lokasi Rapid Test Drive Thru, Area Parkir Sport Club Citra Raya Tangerang, menjelaskan, peserta rapid test ini gratis, alias tidak dipungut biaya. Menurutnya, kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian Citra Raya dan Ciputra Hospital Citra Raya Tangerang dalam membantu program pemerintah dan masyarakat dalam melakukan pencegahan dan memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

Terkait penanganan COVID-19 ini, kata Frans, Ciputra Hospital Citra Raya Tangerang juga mendirikan ruang perawatan khusus pasien COVID-19.

Sementara itu, salah seorang peserta rapid test drive thru gratis yang diselanggarakan oleh Ciputra Hospital Citra Raya Tangerang, Anisa Aprilita (27), mengaku, program ini sangat membantu masyarakat.

“Sangat-sangat membantu. Apalagi, banyak kan masyarakat yang tidak tahu, bagaimana dan kemana mau rapid test. Malah ada juga yang bayarnya mahal,” katanya.

Selain ingin mengetahui kondisi kesehatannya di tengah pandemi global yang sudah mewabah di lebih dari 200 negara di dunia tersebut, kata Anisa, ia ingin mendapatkan surat keterangan kesehatan dan bebas dari COVID-19. Karena, kata karyawan salah satu perusahaan swasta di Kabupaten Tangerang ini, ia sering melakukan perjalanan ke luar kota.

“Untuk perjalanan ke luar kota (untuk mendapatkan surat keterangan bebas COVID-19). Karena sering tugas keluar kota,” pungkasnya.

Banner IDwebhost

Komentar

NEWS UPDATE