oleh

Silaturahmi Komunitas Perantau Blora Jadi Ajang Pengenalan Budaya untuk Anak-anak

Antusias anak-anak saat menyksikan sajian kesenian tradisional di Panggung Mardi Gras Citra Raya. (FOTO Widi H)

ACARA silaturahmi dan halalbihalal Komunitas Perantau Blora (KOPRA) yang digelar di Panggung Mardi Gras Citra Raya Tangerang, Minggu 23 Juli 2017, menjadi ajang pengenalan budaya kepada anak-anak.

Dalam kegiatan ini, anak-anak yang turut hadir dalam acara ini disuguhi berbagai kesenian tradisional seperti barongan, jatilan, serta tari ganong yang dimainkan oleh anak-anak. Dengan antusias pula, anak-anak tersebut melihat setiap gerak yang dimainkan oleh para penari dengn irama gamelan Jawa.

Agus, salah seorang panitian dalam acara tersebut menjelaskan, selain pengenalan seni dan tradisi budaya, undangan yang hadir juga disuguhi dengan sajian kuliner khas daerah tersebut, yaitu gulai ikan mangut. Kuliner khas masyarakat Jawa Tengah bagian timur ini semua didatangkan langsung dari Blora.

“Semua makanan didatangkan langsung dari Blora, termasuk tahu untuk suguhan, dan cabe sebagai teman untuk makan tahu juga didatangkan dari Blora langsung, yaitu cabe yang kalau menurut orang Blora namanya lombok jempling,” ujar Agus.

Ia juga mengungkapkan, disuguhkannya beberapa atraksi tarian yang dimainkan oleh anak-anak, yaitu tari ganongan, juga untuk mengapresiasi Peringatan Hari Anak Nasional yang jatuh pada 23 Juli ini. Selain itu juga sebagai ajang pendidikan budaya untuk para generasi sejak dini.

Penasehat Kopra, Dwi Djatmiko mengaku sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Karena selain sebagai ajang bersilaturhami mempererat persaudaraan masyarakat perantau dari Blora, juga mengingatkan suasana di kampung halaman.

“Saya sangat mengapreasisi acara ini. Apalagi di sini ada berbagai suguna kesenian tradisional. Dan, di zaman moderen saat ini, yang hidup sebagai masyarakat urban, saudara-saudara kita ini masih bisa menguri-uri budaya,” tandasnya. (WH)

Berita lainnya baca juga: Info Budaya: Dieng Culture Festival 2017 Siap Digelar

Banner IDwebhost

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Update