oleh

11 September, Sejarah Kelam Runtuhnya Menara Kembar WTC di New York

Detik-detik runtuhnya menara kembar WTC di New York, Amerika Serikat. (FOTO Istimewa)

TANGGAL 11 September 2001 menjadi salah satu sejarah paling menggemparkan dunia. Dimana peristiwa yang dikenal dengan nama Tragedi 11 September atau ‘Nine Eleven’ ini, Gedung kembar World Trade Center (WTC) di New York, Amerika Serikat, runtuh oleh pesawat pembajak.

Dari berbagai sumber menyebutkan bahwa runtuhnya gedung sebagai simbul kekuatan ekonomi Amerika Serikat tersebut ditabrak oleh pesawat jet penumpang yang dibajak 19 orang dari kelompok militan Islam, Al-Qaeda. Mereka membajak empat pesawat jet penumpang, dan sengaja menabrakkan dua pesawat ke Menara Kembar WTC di New York City; kedua menara runtuh dalam kurun waktu dua jam.

Dalam waktu yang bersamaan, pembajak juga menabrakkan pesawat ketiga ke Pentagon di Arlington, Virginia. Ketika penumpang berusaha mengambil alih pesawat keempat, United Airlines Penerbangan 93, pesawat ini jatuh di lapangan dekat Shanksville, Pennsylvania dan gagal mencapai target aslinya di Washington, D.C. Menurut laporan tim investigasi 911, sekitar 3.00 jiwa tewas dalam serangan ini.

Pada peristiwa ini, menara kembar World Trade Center berlantai 110 itu, serta beberapa bangunan lain di lahan World Trade Center hancur atau rusak parah, termasuk gedung WTC3 sampai 7 dan St. Nicholas Greek Orthodox Church.

Menara Utara, Menara Selatan, Marriott Hotel (3 WTC) dan 7 WTC hancur sepenuhnya. U.S. Customs House (6 World Trade Center), 4 World Trade Center, 5 World Trade Center, dan dua jembatan pejalan kaki yang menghubungkan bangunan-bangunan tersebut juga rusak parah. Deutsche Bank Building di 130 Liberty Street rusak setengah, dan akhirnya diruntuhkan. Dua gedung World Financial Center juga mengalami kerusakan.

Erdyanto. G

Banner IDwebhost
Banner IDwebhost

Komentar

NEWS UPDATE