oleh

Angka 13 adalah Mitos Angka Sial: Apakah Masih Dipercaya?

Sengaja, angka ini dilewati, dan menggantinya dengan angka 12A, atau dengan sebutan angka lainnya, untuk mengindari angka yang dimitoskan sebagai angka sial tersebut.

Nah, bicara soal angka 13 yang dimitoskan sebagai angka sial, dari berbagai sumber menyebutkan, kepecayaan tahayul dan aneka mitos yang ada berasal dari pengetahuan kuno bernama Kabbalah.

Kabbalah merupakan sebuah ajaran mistis kuno, yang telah dirapalkan oleh dewan penyihir tertinggi rezim Fir’aun yang kemudian diteruskan oleh para penyihir, pesulap, peramal, paranormal, dan sebagainya—terlebih oleh kaum Zionis-Yahudi, yang kemudian mengangkatnya menjadi satu gerakan politis. Kabbalah digunakan menjadi alat kekuasaan para pendeta tinggi raja Fir’aun.

Sejumlah peneliti mencatat, pada Dinasti Ur III, saat masa pembuangan suku Bani Israel ke Babylonia, di saat itulah Ordo Kabbalah sudah terbentuk. Hingga sekarang ini, ajaran Kabbalah masih menjadi tren baru di kalangan selebritis dunia.

Kartu tarot pun diciptakan dengan jumlah 13, dan kartu yang ke 13 adalah kartu kematian yang disimbolkan dengan gambar Grim Ripper.

Asal mula 13 dijadikan angka sial bagi masyarakat barat, bermula dari pasukan Knight Of Templar yang paling ditakuti pada masa perang Salib. Puncaknya adalah pembantaian besar-besaran terhadap para Templar dengan berbagai tuduhan. Hari penangkapan para Templar jatuh pada hari Jumat tanggal 13, sehingga angka 13 dianggap sebagai angka sial bagi dunia Barat.

Paul Hoffman, di dalam Smithsonian Magazine (Februari 1987), menyatakan jika fobia terhadap angka 13 ini telah menelan biaya satu miliar dollar AS pertahun. Karena fobia ini telah menyebabkan orang mangkir dan membatalkan keberangkatan kereta dan pesawat terbang, serta mengurangi aktivitas perdagangan di setiap tangal 13 setiap bulannya.

Napoleon Bonaparte, Paul J. Getty, dan Franklin Delano Roosevelt juga sangat percaya dengan kesialan angka 13 ini, sehingga selalu menghindari makan malam dengan 13 orang.

Itulah beberapa kisah dari banyak mitos mengenai munculnya angka sial dari 13 di dunia. Namun jika ditelaah, angka 13 bukanlah angka keramat yang akan membawa orang kepada hal kesialan terus menerus. Mitos tersebut lahir hanya karena kesimpulan seseorang atau sekelompok orang akan suatu peristiwa yang menakutkan yang bertepatan dengan angka 13. Orang-orang yang memiliki ketakutan berlebihan terhadap angka 13 disebut sebagai ‘Triskaidekaphobia’.

Di Indonesia sendiri, mitos angka 13 sebagai angka sial diperkuat dengan adanya kejadian-kejadian yang berhubungan dengan angka tersebut. Banyak peristiwa kecelakaan terjadi yang berhubungan dengan angka 13.

Sebagai contoh peristiwa kecelakaan menimpa pesawat maskapai Garuda Indonesia Airways (kini Garuda Indonesia) di Bandara Fukuoka, Jepang. Pesawat pabrikan McDonnel Douglas DC 10-30 itu celaka saat lepas landas pada 13 Juni 1996. Peristiwa ini juga dikait-kaitkan dengan angka 13, yaitu tanggal peristiwa tersebut.

Peristiwa lain adalah jatuhnya pesawat helikopter di Poso, Sulawesi Tengah pada Minggu 20 Maret 2016 lalu. Dalam peristiwa ini 13 orang anggota TNI yang berada di dalam pesawat tersebut meninggal. Dari peristiwa ini, sebagian masyarakat ada yang beranggapan, kejadian naas itu karena ada hubungannya dengan angka 13, yaitu jumlah penumpang yang ada di dalam pesawat tersebut.

Namun, tidak selalu angka 13 memiliki kesialan. Bagaimana dengan serangan 11 September 2001 di gedung WTC Amerika atau peristiwa Tsunami Aceh 26 Desember 2004? Apakah kita akan menganggap tanggal tersebut menjadi angka sial?

Bagaimana pula jika tiba-tiba ada seseorang memberikan anda uang sebesar Rp 13 triliun, Rp 13 miliar, Rp 13 juta; apakah akan menolaknya karena ada kaitannya dengan mitos angka sial, 13? Jika Anda mengatakan urusan soal uang, angka 13 tersebut bukanlah angka sial namun angka keberuntungan, berarti kesimpulannya, mitos angka kesialan itu hanya tercipta karena ketakutan dalam pikiran kita. Jadi, tak perlu takut takut lagi dengan angka 13!

Widi/berbagai sumber

Banner IDwebhost
Banner IDwebhost

Komentar

NEWS UPDATE