oleh

Pemkab Tangerang: Pelayanan Wilkum Satu Polda Ingin Segera Terwujud

Pengamanan aksi buruh oleh anggota kepolisian di bawah kolong tol Bitung, Curug, Kabupaten Tangerang. (ILUSTRASI)

KABUPATEN Tangerang menjadi satu-satunya daerah tingkat dua di Indonesia yang wilayah hukumnya ditangani oleh 2 Polda, dan 3 Polres, yaitu Polres Kota Tangerang (Polda Banten), Polres Metro Tangerang (Polda Metro Jaya), dan Polres Tangsel (Polda Metro Jaya).

Dalam kondisi ini, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar berharap, untuk memudahkan koordinasi dan pengamanan dalam penanganan konflik menjelang Pilkada 2018, wilayah hukum satu kepolisian, yaitu Polresta Tangerang (Polda Banten) segera terwujud. Ia juga mengakui, sejak diberlakukan pemekaran wilayah hukum di Kabupaten Tangerang menjadi tiga polres dan dua polda 2015 lalu, pihaknya juga kesulitan dalam melakukan koordinasi.

“Kami serahkan sepenuhnya penanganan tersebut ke Mabes Polri untuk menindaklanjuti,” kata Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar di Tangerang, Kamis 14 September 2017.

Terkait keinginannya agar kembali lagi menjadi satu wilayah hukum kepolisian, kata Zaki, pihaknya sudah melayangkan surat ke Mabes Polri untuk menangani masalah tersebut, dan awal Agustus 2017 telah datang utusan Kapolri untuk melakukan koordinasi dengan instansi terkait di Kabupaten Tangerang.

Selain itu, lanjut Zaki, pihaknya juga sudah membicarakan masalah pengalihan satu Polres itu ke Kapolda Banten Brigjen Listyo Sigit Prabowo, dan telah melakukan kajian.

Saat ini, dari 29 kecamatan yang ada di Kabupaten Tangerang, sembilan diantaranya ditangani oleh dua Polres di wilayah hukum Polda Metro Jaya, yaitu; Kecamatan Teluk, Kosambi, Sepatan, dan Pakuhaji di bawah kendali Polres Metro Tangerang; Kecamatan Kelapa Dua, Curug, Legok, Pagedangan, dan Cisauk berada di wilayah hukum Polres Tangsel.

Hatmoko Widi

Baca juga:

  1. Angka 13 adalah Mitos Angka Sial: Apakah Masih Dipercaya?
  2. Yontaifib Korps Marinir: Prajurit Andal Senyap yang Mematikan
  3. 11 September, Sejarah Kelam Runtuhnya Menara Kembar WTC di New York
Banner IDwebhost
Banner IDwebhost

Komentar

NEWS UPDATE