oleh

Citra Raya Water World Tangerang Gelar Sertifikasi untuk Life Guard

Simulasi penyelamatan korban kecelakaan di air oleh Life Guard Citra Raya Water World dalam kegiatan sertifikasi Life Guard.

UNTUK memberikan kenyamanan dan keamanan para pengunjung Citra Raya Water World (kolam renang dan wahana permainan air), Tangerang, pihak pengelola melakukan sertifikasi Life Guard. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari, sejak Senin 2 Oktober hingga Selasa 3 Oktober 2017, di Water World Citra Raya, Tangerang.

Dalam kegiatan ini, pihak Citra Raya Water World mendatangkan narasumber dan trainer dari Jakarta Rescue. Jakarta Recue sendiri adalah lembaga non pemerintah yang merupakan International Search and Recue Advosory Gruop (INSARAG) United Nation, sekaligus anggota International Assosation og Emergency (IAEM), dan penerima penghargaan medali dari Multi National Planning Aughmentation (MPAT).

Selain itu, Jakarta Recue juga sebagai anggota International Life Saving Society Australia (ILS), dan Australia Profesional Ocean Lifeguard Assosiation (APOLA).

Koordinator Citra Raya Water World, Herry Surjapranata menjelaskan, tugas Life Guard sendiri adalah harus mampu mencegah terjadinya kecelakaan di kolam renang dan sekitarnya; mampu melakukan penyelamatan di air; serta mampu memberikan pertolongan pertama.

Para peserta Sertifikasi Life Guard Citra Raya Water World Tangerang.

Untuk itu, menjadi seorang Life Guard ini harus memiliki ketrampilan khusus, dan memiliki setandar sertifikasi. Kualifikasi umum menjadi seorang Life Guard sendiri diantaranya adalah; mampu berenang 50 meter dalam waktu maksimal 1 menit; mempu berenang 200 meter terus menerus gaya bebas dan dada; mampu berenang 200meter “guard tube/torpedo” dalam waktu 30detik; mampu menyelam ke dalam kolam dengan kaki masuk terlebih dahulu dan menemukan batu bata seberat 1-2 kg, serta naik ke permukaan dengan total waktu 2 menit tanpa menggunakan tangan; memahami pertolongan pertama (first aid) dan Resusitasi Jantung Paru (CPR); serta memiliki sikap bertanggungjawab, fisik sehat dan berkemampuan medis.

“Untuk Citra Raya Water World sendiri, kita sudah memiliki Life Guard yang berstandar sertifikasi,” ujar Herry Surjapratama kepada lensapena.id, Jumat 6 Oktober 2017.

Ia juga mengungkapkan, saat ini pihaknya memiliki 19 orang Life Guard. Ke-19 Life Guar tersebut tersebar di setiap lokasi kawasan Water World, seperti kolam olympic, wahana ombak, kolam arus, dan kolam anak.

Dalam memberikan penilaian sertifikasi terhadap Life Guard sebagai garda depan penanggulangan serta penanganan kecelakaan di wilayah air ini, lanjut Herry, pihaknya sengaja mendatangkan SDM narasumber serta trainer yang sudah memiliki kompetensi dan standar Nasional, yaitu Jakarta Resceu.

“Citra Raya Water World selalu mengedepankan kenyamanan, serta keselamatan para pengunjung. Untuk itu, sertifikasi terhadap Life Guard ini menjadi sangat penting,” katanya.

Hatmoko Widi

Baca juga:

  1. Sebelum Terbentuk TNI, Dulunya adalah Badan Keamanan Rakyat
  2. Wali Kota Bersama IMI Kampanyekan Keselamatan Berkendara
  3. Film G 30 S/PKI Jadi Momentum Mengenang Jasa Pahlawan Revolusi
Banner IDwebhost
Banner IDwebhost

Komentar

NEWS UPDATE