Pemkab Dukung Sepatu Lokal Masuk Tenda Booth Asean Games


Salah satu sentra pembuatan sepatu yang tergabung di APTA.

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Tangerang melalui Pejabat (Pj) Bupati Tangerang, Komarudin, mendukung produk alas kaki bikinan Asosiasi Pengrajin Tangerang (APTA) masuk di tenda booth Asean Games. Karena, menurut Komarudin, ini adalah kesempatan untuk mempromosikan produk alas kaki lokal dalam perhelatan bergengsi yang diikuti oleh beberapa negara di Asia.

“Bagus, itu peluang sekaligus tantangan. Peluang promosi, dan tantangan untuk menunjukkan bahwa kuwalitas alas kaki lokal lebih baik dibanding produk lain,” ujar Komarudin.

Sebelumnya, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, saat bertemu dengan pengurus dan produsen alas kaki yang tergabung di APTA pada 14 Februari 2018 lalu, juga mendorong agar produk alas kaki bisa ambil bagian dalam mempromosikan produknya di tenda booth yang disediakan oleh pihak panitia Asean Games.

Namun, Ketua Asosiasi Pengrajin Tangerang (APTA), Widi Hatmoko menilai, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Tangerang sebagai jembatan penghubung antara pelaku usaha di APTA dengan pihak panitia yang menyediakan tenda booth perhelatan Asean Games hingga saat ini masih belum jelas.

“Ya, masih belum jelas. Karena sampai saat ini juga tidak ada pemberitahuan apa-apa ke kita. Kita sudah konfirmasi, bahkan sebelumnya juga Kabid Perdagangan pernah mengatakan ada tenda booth yang disediakan oleh panitia,” katanya.

Widi juga berharap, Disperindag Kabupaten Tangerang tidak tebang pilih dalam memberikan pembinaan terhadap pelaku usaha, baik kecil maupun menengah yang ada di wilayah tersebut. “Jangan setelah kita sentil, baru perhatian, kalau tidak diem-diem bae. Karena Disperindag ini milik semua masyarakat, bukan punya pejabatnya saja,” ucap Widi.

Helmi

APTA Ekonomi Tangerang Widi Hatmoko

Penulis: 
    author