Djarot Apresiasi APTA Kembangkan Produk Alas Kaki

DALAM rangka Safari Kebangsaan oleh Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan, Djarot Saiful Hidayat selaku pengurus DPP partai berlambang banteng moncong putih ini bertemu dengan pengurus dan pelaku usaha berbasis kecil dan menengah di Asosiasi Pengrajin Tangerang (APTA). Menurut mantan Gubernur DKI Jakarta ini, produk kerajinan alas kaki APTA menjadi salah satu kunci keberhasilan ekonomi kerakyatan.

“Kami sangat bangga atas produk kerajinan masyarakat Tangerang, dan mengapresiasi APTA yang selama ini berkerja mengangkat produk kerajinan asal daerahnya,” terang Djarot yang didampingi Ketua Umum APTA Widi Hatmoko.

Ketua Umum APTA Widi Hatmoko dalam kesempatan ini menyampaikan bahwa produk kerajinan sepatu dan sandal memang banyak dihasilkan dari daerah Tangerang.

“Saya terasa terpanggil untuk membangun ketahanan produk asli Tangerang dapat terakomodir dalam dunia pasar, dimana segi harga dan kualitas dapat bersaing dengan sehat,” kata Widi Hatmoko.

Widi juga mengungkapkan, pengrajin alas kaki yang tergabung di APTA ini sudah menyerap tenaga kerja lebih dari 10.000 orang yang tersebar di beberapa wilayah kecamatan di Kabupaten Tangerang. Dan, karya pengrajin alas kaki APTA ini menyebar di hampir 65 persen wilayah di Indonesia.

“Hanya saja, untuk mengembangkan merek sebdiri kami masih mengalami banyak kendala, karena harus bersaing dengan produk impor dengan merek terkenal. Yang produknya juga belum tentu asli alias KW,” ungkapnya.

Widi juga menyampaikan, persoalan yang dihadapi oleh APTA bisa disampaikan kepada pemerintah pusat, agar bisa membantu mendongkrak prekonomian, terutama para pelaku usaha alas kaki yang tergabung di APTA.

“Karena daerah Tangerang memiliki asset produk kerajinan sepatu dan sandal, dimana sudah mencapai ratusan pengrajin, seperti di Cikupa yang terkenal produknya. Hanya saja, masih banyak kendala ketika ingin memasarkan merek sendiri. Dan, persoalan ini kami harap pemerintah bisa ikut membantu,” tandasnya.

Helmi

Penulis: 
    author

    Posting Terkait