Bangun Desa Melalui Musrenbang Desa

Kepala Desa Mekar Kondang, Kecamatan Sukadiri, Muhammad Shofa Marwah menjelaskan sedikit tentang pentingnya musrenbangdes harus dilaksanakan kepada para tamu undangan

BERDASARKAN tahapan dan mekanisme tahunan desa atau kelurahan, Pemerintah Desa Mekar Kondang, Kecamatan Sukadiri melaksanakan musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang), Rabu 23 Januari 2019. Kegiatan ini untuk merencanakan program-program pembangunan yang dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes). Musrenbang ini tertuang dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri 114 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Desa dan harus dilaksanakan.

Musrenbangdes merupakan forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan desa untuk menyepakati Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKP) tahun anggaran yang direncanakan. Setiap desa diamanatkan untuk menyusun dokumen rencana 5 tahunan yaitu RPJMDes dan dokumen rencana tahunan yaitu RKPDes. Dalam kegiatan ini Kepala Desa Mekar Kondang, Muhammad Shofa Marwah mengundang seluruh aparatur desa, tokoh agama, masyarakat, pemuda dan kades PKK. Kegiatan ini tidak dilaksanakan di kantor desa yang baru selesai dibangun. Namun di gedung sekolah dasar setelah proses belajar mengajar selesai.

Para tamu undangan berdiri dan bersama-sama menyanyikan lagu wajib Indonesia Raya

Dalam forum perencanaan (program) yang dilaksanakan oleh lembaga publik yaitu pemerintah desa, bekerja sama dengan warga dan para pemangku kepentingan seperti yang sudah dijelaskan di atas. “Musrenbang ini bermakna akan mampu membangun kesepahaman tentang kepentingan dan kemajuan desa. Dengan cara memotret potensi dan sumber-sumber pembangunan yang tidak tersedia baik dari dalam maupun luar desa,” jelas Shofa.

RKPDes nanti ditetapkan dengan Surat Keputusan (SK) Kepala Desa dan disusun melalui forum musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) tahunan atau biasa disebut musrenbang desa. Dokumen RKPDesa kemudian menjadi masukan penyusunan dokumen APBDes dengan sumber anggaran dari Alokasi Dana Desa (ADD), Pendapatan Asli Desa (PA Desa), swadaya dan pastisipasi masyarakat, serta sumber-sumber lainnya yang tidak mengikat.

One.

Penulis: 
    author

    Posting Terkait