Jalin Kerukunan, Persatuan dan Kesatuan Dengan Pengajian

BUKAN saat hari libur kerja seperti halnya libur akhir pekan atau malam Jumat saja Kepala Desa Bonisari, Kecamatan Pakuhaji, Sutisna menghadiri pengajian. Duduk dan do’a bersama di tengah-tengah para jamaah pengajian lainnya. Sementara waktu ia melepaskan jabatannya sebagai kepala desa.

Menurutnya, pengajian ini memang sudah berjalan secara rutin dan dilakukan tidak hanya setiap malam Jumat saja. Melainkan saat warga minta datang, dengan keiklasan hati ia tetap selalu datang. Sutisna mengatakan, pengajian ini sangat banyak sekali manfaatnya. Selain sebagai sarana ibadah dan asupan rohani, tanpa disadari kegiatan seperti ini memiliki manfaat untuk menguatkan tali silaturahim antarwarga.

Kepala Desa Bon Sari, Kecamatan Pakuhaji, Sutisna menghadiri pengajian di rumah warga

Ia juga menyampaikan, bahwa kegiatan pengajian yang di lakukan ini adalah kegiatan yang sangat positif, serta dapat memperdalam sekaligus menghayati ajaran agama yang dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Agar dalam melaksanakan kegiatan ibadah dilakukan secara betul-betul kusuk. Menghubungkan diri dengan sang pencipta, hindari ajakan yang bersifat provokatif, paham radikalisme dan berita hoax yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan.

Setiap kali diminta untuk memberi sambutan, Sutisna selalu menekankan kepada para jamaah, agar kegiatan pengajian harus tetap dipertahankan. Bahkan menurutnya, konsep pengajian seperti ini bisa menjadi percontohan untuk daerah lainnya. Secara tidsk langsung dengan pengajian seperti ini, masyarakat telah membantu pemerintah daerah dalam rangka menjaga persatuan dan kesatuan sesama warga.

Salah satu pondasi dalam membangun daerah adalah kerukunan. Jika dalam kehidupan bermasyarakat selalu terjaga kerukunannya, maka tujuan pembangunan akan dapat tercapai. “Mari kita jaga dan pelihara keutuhan dan rasa persaudaraan tetap terjalin seerat mungkin, sehingga lingkungan tempat tinggal kita tetap nyaman dan aman,” pungkasnya.

One.

Penulis: 
    author