8 Bekas Galian Jadi Kawasan Wisata

Arosbaya di Bangkalan Madura (Istimewa)

PENAMBANGAN liar yang dilakukan oleh manusia di permukaan bumi, pasti akan menimbulkan bekas. Ini juga menjadi bagian dari perusakan lingkungan. Karena selain menimbulkan lubang-lubang yang menganga dan merusak ekosistem di sekitarnya, bekas galian tambang ini bisa membahayakan keselamatan manusia.

Namun demikian ada beberapa bekas galian dari penambangan liar ini yang bermetamorfosa membentuk sebuah pemandangan yang indah. Bahkan, karena keindahannya itu kawasan ini menjadi destinasi wisata favorit bagi masyarakat. Berikut lensapena.id merangkum beberapa tempat bekas galian tambang yang berganti wajah menjadi destinasi wisata yang banyak dikunjungi.

1. Danau Telaga Biru Cigaru

Danau Telaga Biru Cigaru, Cisoka, Kabupaten Tangerang. (FOTO Widi. H)

Danau bekas galian pasir ini terdapat di Desa Cigaru, Kecamatan Cisoka, Kabupaten Tangerang. Di kawasan ini terdapat 3 telaga yang semunya bekas galian pasir liar milik salah satu perusahaan pengembang di daerah tersebut. Keunikan dari tempat yang saat ini menjadi salah satu destinasi wisata di Tangerang ini, airnya bisa berubah-ubah warna. Namun pada saat-saat tertentu, ari di Danau Telaga Biru Cigaru ini berwarna buru seperti langit. Kawasan ini menjadi viral ketika banyak masyarakat yang mengunggah gambar kawasan ini ke media sosial.

2. Bukit Jamur di Gresik

Bukit Jamur di Gresik-Jawa Timur.(FOTO Istimewa)

Bukit Jamur terketak di wilayah Kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Bukit Jamur ini sebelumnya adalah bekas galian tambang tanah liat perusahaan Semen Gresik. Disebut Bukit Jamur karena banyak terdapat gundukan batu yang menyerupai jamur. Terbentuknya gundukan batu bekas aktivitas penambangan ini selama bertahun-tahun mengalami erosi akibat aliran air dimusim hujan. Sehingga mengikir sebagian dinding batu tersebut membentuk menyerupai jamur. Keberadaan batu yang menyerupai jamur raksasa ini membuat keadaan sekitar seperti di dunia lain. Saat ini, kawasan tersebut menjadi salah satu destinasi wisata favotit di Gresik, Jawa Timur.

3. Telaga Ngipik

Telaga Ngipik di Gresik, Jawa Timur. (FOTO Istimewa)

Telaga Ngipik sebelumnya juga bekas galian tambang tanah liat pabrik Semen Gresik. Kawasan ini terdapat di Desa Ngipik, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, atau sekitar 1,5 kilometer dari Alun-alun Gresik. Setelah aktivitas penambangan di kawasan tersebut berhenti, lubang bekas tambang tersebut terisi air hujan dan berubah menjadi telaga. Kawasan wisata ini juga dikenal dengan Kawasan Wisata Giri Wana Tirta. Berwisata di kawasan bekas tambang ini, pengunjung bisa melakukan berbagai kegiatan seperti memancing, berkeliling naik perahu, melihat permainan ski air atau hanya sekadar piknik dan bersantai saja.

4. Brown Canyon

Brown Canyon di Semarang, Jawa Tengah. (FOTO Istimewa)

Kawasan ini terletak di Desa Rowosari, Kecamatan Tembalang, Semarang, Jawa Tengah. Kawasan ini berupa tebing batuan cadas yang terbentuk dari sisa-sisa kegiatan penambangan. Kawasan ini juga dikenal sebagai tempat untuk hunting foto. Brown Canyon ono dulunya merupakan area penambangan galian C alias tambang batu dan pasir. Jika ingin berkunjung di kawasan ini, hendaknya mengambil waktu sore hari. Karena selain pemandangannya terlihat lebih cantik, truk-truk pengangkut pasir yang berseliweran di kawasan tersebut sudah tidak ada.

5. Arosbaya di Bangkalan Madura

Arosbaya di Bangkalan Madura. (FOTO Istimewa)

Jika menyeberang ke Pulau Madura atau tepatnya di Kecamatan Arosbaya, Kabupaten Bangkalan, kita akan menukan kawasan wisata Arosbaya. Kawasan ini juga dulunya bekas area tambang batu kapur. Uniknya kawasan bekas tambang yang berubah wajah menjadi kawasan wisata Arosbaya ini, meninggalkan ukiran-ukiran unik nan rapi di setiap dinding tebingnya. Penampakannya terlihat sangat fotogenik sehingga banyak menarik pengunjung untuk berlefie ria atau berfoto-foto.

6. Bukit Jaddih di Bangkalan Madura

Bukit Jaddih di Bangkalan Madura. (FOTO Istimewa)

Kawasan bekas tambang batu kapur yang kini mendadak menjadi tempat wisata tenar ini juga masih terdapat di wilayah Kabupaten Bangkalan, Madura. Yang unik dari kawasan wisata bekas tambang batu kapur yang terletak ini, mirip dengan obyek wisata Cappadocia di Turki. Di tempat wisata ini juga dibuat kolam renang Goa Potte, yaitu di dekat area tambang dan memanfaatkan area bekas penambangan yang sudah tidak digarap.

7. Danau Blingoh di Jepara

Danau Blingoh di Jepara, Jawa Tengah. (FOTO Istimewa)

Tidak hanya ada Karimun Jawa saja di Jepara. Pengunjung juga bisa berkunjung ke Danau Blingoh di desa Blingoh, kecamatan Donorojo, Kabupaten Jepara. Danau ini mempunyai warna air hijau toska yang cantik. Di kawasan sekitar danau ini juga berupa perbukitan yang ditumbuhi pepohonan hijau yang subur. Kawasan ini juga dulunya merupakan area bekas pertambangan kapur di masa lalu. Kini Danau Blingoh menjadi salah satu tujuan wisata favorit di Jepara. Banyak pula yang mengatakan jika keindahannya sebanding dengan Kawah Putih Ciwidey di Bandung.

8. Danau Biru Loa Bakung di Samarinda

Danau Biru Loa Bakung di Samarinda. (FOTO Istimewa)

Danau Biru Loa Bakung memiliki air yang berwarna biru terang dan bisa memantulkan obyek seperti cermin. Sehingga beberapa wisatawan menyebutnya Danau Cermin. Danau ini terletak di Kelurahan Loa Bakung, Kecamatan Sungai Kunjang, Kabupaten Samarinda. Danau Biru Loa Bakung dulunya juga bekas galian tambang batu bara yang sudah tidak beroperasi. Keindahan danau ini makin lengkap dengan adanya pepohonan di sekitar danau yang sebagian batangnya tenggelam di dalam air.

Bagaimana, Anda tertarik berwisata ke kawasan wisata unik yang terbentuk dari proses galian tambang ini?

Widi/Berbagai sumber

Penulis: 
    author

    Posting Terkait